Berapa Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini ?

"Berapa jumlah provinsi di Indonesia tahun 2015?" itu merupakan sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan ketika kita membahas materi mengenai provinsi di Indonesia pada mata pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Dalam tulisan ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang berapa jumlah provinsi di Indonesia pada tahun 2015 ini.


peta provinsi di Indonesia
Peta Provinsi di Indonesia


Mengenal Lebih Jauh Tentang Provinsi

Secara garis besar provinsi didefinisikan sebagai sebuah wilayah
administratif dibawah wilayah nasional atau negara. Sebuah provinsi terdiri dari beberapa Kabupaten dan Kotamadya dan dikepalai oleh seorang gubernur dengan masa jabatan lima tahun (maksimal dua periode).

Jumlah Provinsi di Indonesia dari Masa ke Masa

Jumlah provinsi di Indonesia selalu berubah dari masa ke masa, hal itu tentu disebabkan oleh beberapa faktor seperti luas wilayah, jumlah penduduk, pendapatan daerah, dan lain sebagaianya. Sejarah mencatat Indonesia sudah 16 kali mengalami penambahan jumlah provinsi, dimulai sejak tahun 1950, 1956, 1957, 1958, 1959, 1960, 1964, 1967, 1969, 1976, 1999, 2000, 2001, 2002, 2004, 2012 dan terakhir rencananya pada tahun 2015 Nias akan jadi Provinsi ke 35.
Sehingga Indonesia akan mengalami 17 kali penambahan provinsi.

Pada awal kemerdekaan (Masa Pasca Kemerdekaan Orde Lama) dibawah pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia telah mengalami penambahan jumlah provinsi sebanyak tujuh kali, 1950, 1956, 1957, 1958, 1959, 1960, dan 1964.

Tahun 1950, Indonesia memiliki 11 provinsi karena Provinsi Sumatera terbagi menjadi tiga provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Tengah, dan Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Tengah terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi DI Yogyakarta yang saat itu mendapatkan status provinsi “Daerah Istimewa”
Tahun 1956 Indonesia memiliki 15 Provinsi, Provinsi Kalimantan terbagi menjadi tiga provinsi besar, yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Selatan, dan Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi DKI Jakarta (yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat) mendapatkan status provinsi “Daerah Khusus Ibukota”. Provinsi DI Aceh memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Utara (dan saat itu berstatus “Daerah Istimewa”).
Tahun 1957 Indonesia memiliki 18 provinsi, Provinsi Sumatera Tengah berkembang menjadi 3 Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi. Di Kalimantan, Provinsi Kalimantan Selatan juga berkembang menjadi dua provinsi, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Tahun 1958 Indonesia memiliki 20 provinsi, karena Provinsi Sunda Kecil melakukan pemekaran menjadi Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Tahun 1959 Indonesia memiliki 21 provinsi, karena Provinsi Lampung keluar dari Sumatera Selatan dan menjadikan Lampung.
Tahun 1960, Sulawesi terbagi menjadi dua propinsi besar, yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Tengah serta Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara.
Tahun 1964 Indonesia memiliki 24 provinsi, Sulawesi terbagi menjadi empat provinsi, Sulawesi, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca juga Wisata di Yogyakarta

Pada Era Orde Baru, pemerintahan Indonesia dipegang oleh Jendral bertangan besi, yakni Soeharto. Pada tahun 1967, Provinsi bengkulu menjadi Provinsi ke 25 di Indonesia karena memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Selatan. Di tahun 1969, kembalinya Irian Jaya kepangkuan NKRI menjadikannya sebagian provinsi ke 26. Sejak saat itu hingga 1975 Indonesia memiliki 25 provinsi. Integrasinya Timor Timur ke Indonesia di tahun 1976 menjadikannya sebagai provinsi ke 27 di Indonesia, periode 1976 – 1999 Indonesia memiliki 27 provinsi.

Terbukanya keran kebebasan di Era Reformasi menjadikan provinsi di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang. Kebebasan tersebut juga menjadikan boomerang bagi Indonesia karena di tahun 1999, Timor Timur melepaskan diri dari NKRI dan manjadi sebuah negara yang berdaulat ditahun 2002. Saat itu Indonesia kembali memiliki 26 provinsi, dari Aceh hingga Irian Jaya.

Kehadiran Undang Undang Otonomi Daerah No 32 Tahun 2004 juga memberikan kesempatan kepada daerah-daerah untuk menunjukan akselerasinya dalam hal pembangunan. Dan saat ini, jumlah provinsi di Indonesia adalah 34 provinsi dengan pertambahan Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Irian Jaya Barat (1999), Provinsi Bangka Beliting, Provinsi Banten, dan Provinsi Gorontalo (2000), Provinsi Riau (2002), Provinsi Sulawesi Barat (2004), Provinsi Kalimantan Utara (2012), dan yang terakhir rencananya pada Tahun 2015 Nias akan jadi provinsi ke 35.

Berikut Nama-Nama Provinsi di Indonesia beserta Ibukotanya
  1. Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dengan ibukotanya di Banda Aceh.
  2. Provinsi Sumatera Utara dengan ibukotanya di Medan.
  3. Provinsi Sumatera Barat dengan ibukotanya di Padang.
  4. Provinsi Riau dengan ibukotanya di Pekanbaru.
  5. Provinsi Kepulauan Riau dengan ibukotanya di Tanjung Pinang.
  6. Provinsi Jambi dengan ibukotanya di Jambi.
  7. Provinsi Sumatera Selatan dengan ibukotanya di Palembang.
  8. Provinsi Bangka Belitung dengan ibukotanya di Pangkal Pinang. 
  9. Provinsi Bengkulu yang dengan ibukotanya di Bengkulu.
  10. Provinsi Lampung dengan ibukotanya di Bandar Lampung.
  11. Provinsi DKI Jakarta dengan ibukotanya di Jakarta.
  12. Provinsi Jawa Barat dengan ibukotanya di Bandung.
  13. Provinsi Banten dengan ibukotanya di Serang.
  14. Provinsi Jawa Tengah dengan ibukotanya di Semarang.
  15. Provinsi DI Yogyakarta dengan ibukotanya di Yogyakarta.
  16. Provinsi Jawa Timur dengan ibukotanya di Surabaya.
  17. Provinsi Bali dengan ibukotanya di Denpasar.
  18. Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan ibukotanya di Mataram.
  19. Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukotanya di Kupang.
  20. Provinsi Kalimantan Barat dengan ibukotanya di Pontianak.
  21. Provinsi Kalimantan Tengah dengan ibukotanya di Palangkaraya.
  22. Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibukotanya di Banjarmasin.
  23. Provinsi Kalimantan Timur dengan ibukotanya di Samarinda.
  24. Provinsi Kalimantan Utara dengan ibukotanya di Tanjung Selor.
  25. Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukotanya di Manado.
  26. Provinsi Sulawesi Barat dengan ibukotanya di Mamuju.
  27. Provinsi Sulawesi Tengah dengan ibukotanya di Palu.
  28. Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibukotanya di Kendari.
  29. Provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukotanya di Makassar.
  30. Provinsi Gorontalo dengan ibukotanya di Gorontalo.
  31. Provinsi Maluku dengan ibukotanya di Ambon.
  32. Provinsi Maluku Utara dengan ibukotanya di Ternate.
  33. Provinsi Papua Barat dengan ibukotanya di Manokwari.
  34. Provinsi Papua dengan ibukotanya di Jayapura.


Itulah sedikit pengetahuan tentang  Nama-Nama Provinsi di Indonesia beserta Ibukotanya. Perlu diketahui bahwa jumlah provinsi di Indonesia ini akan selalu berubah, beberapa tahun kedepan bisa jadi provinsi di Indonesia bertambah lagi. Meskipun Indonesia terdiri dari banyak provinsi, kita harus bisa memegang erat Bhinneka Tunggal Ika. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca di seluruh dunia khususnya Indonesia tercinta.

Related Posts:

0 Response to "Berapa Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini ?"

Post a Comment