Jumlah Pulau di Indonesia

Berapa Jumlah Pulau di Indonesia?


Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan karunia kekayaan alam yang melimpah sehingga negara kita disebut sebagai sekeping surga, bagaimana tidak dengan kekayaan alam yang begitu melimpah mulai dari laut yang luas, daratan yang subur terhampar luas, sungaisungai memanjang dan membelah pulaupulau di negara kita Indonesia ini. Sebagai warga Indonesia apakah kita tau atau pernah menghitung berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia? biasanya kita hanya tau nama-nama pulau besar dan sebagian pulau kecil. diantaranya Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Bali, Pulau Lombok, Pulau Sulawesi, Pulau Papua, Kepulauan Maluku dan masih banyak pulau-pulau lainnya yang berjumlah lebi dari 17.000 pulau lainnya. Tidak terbayang bukan betapa kayanya negara tercinta kita ini. Sebagai warga negara yang baik dan mencintai negaranya sudah seharusnya kita menjaga dan tidak merusaknya agar anak cucu kita juga dapat menikmati segala kakayaan alam yang indah ini.

Jumlah Pulau di Indonesia

Jumlah Pulau di Indonesia - Indonesia adalah negara kepulauan, terbentang dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua, yang terbentuk dari ribuan pulau besar dan kecil, yang terhubung oleh berbagai selat dan laut.  Saat ini pulau yang terdaftar dan berkoordinat berjumlah 13.466 pulau.

Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia. Pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, di mana 5.707 di antaranya telah memiliki nama, termasuk 337 nama pulau di sungai. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), pada tahun 1992 menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pada tahun 2002 berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah.

Data Departemen Dalam Negeri berdasarkan laporan dari para gubernur dan bupati/wali kota, pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama.
Dari sekian banyaknya pulau-pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau. Jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama.
peta Indonesia map maps province
gambar jurnalmaritim.com


Sebagai negara maritim Indonesia memiliki garis pantai 95.181 km dan menjadikannya sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada. Namun, selama itu pula Indonesia masih belum bisa merapikan akurasi datanya tentang kelautan dan perikanan.
Salah satu yang hingga kini masih diperdebatkan adalah jumlah pulau yang ada di Nusantara. Selama ini, banyak yang menyebut jumlah pulau dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua adalah 17.500an pulau.


Baca juga Jumlah Provinsi di Indonesia

 
Berdasarkan informasi yang dikatakan Kepala Badan Informasi Geospasial Asep Karsidi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, saat serah terima perangkat pendukung infrastruktur informasi geospasial di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta, pada 7 Mei 2014. Perangkat tersebut merupakan dukungan dari BIG kepada Kemenparekraf untuk turut membantu membangun bidang kepariwisataan Indonesia. Mari Pangestu sangat tertarik saat Asep Karsidi mempresentasikan ina-geoportal, karena program ini dapat mempermudah Kemenparekraf untuk mengetahui dan mempublikasi tempat-tempat pariwisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat luar negeri.


Kunjungi juga Tempat-tempat Wisata di Yogyakarta 

Dijelaskan pula oleh Asep Karsidi, bahwa jumlah tersebut ( 13.466 pulau ) sudah diakui dunia internasional dan tercatat di PBB.  Melalui United Nations Group of Experts on Geographical Names (UN GEGN), dimana Indonesia bergabung di dalamnya, setiap tahun dapat memberikan informasi jika ada penambahan jumlah pulau.  Penghitungan jumlah pulau ini dilakukan oleh Tim Nasional Pembakuan Rupabumi Indonesia.


Berikut nama 5 pulau besar/utama di Indonesia :


1.    Pulau Jawa

2.    Pulau Kalimantan

3.    Pulau Sulawesi

4.    Pulau Sumatera

5.    Pulau Papua


Demikian artikel tentang Jumlah Pulau di Indonesia semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel tentang Letak Negara Indonesia.

Related Posts:

2 Responses to "Jumlah Pulau di Indonesia"

  1. ini tak kalah kerenya bro
    Pulau di Sultra Yang Rugi Jika Tak Dikunjungi
    http://zonangopi.blogspot.com/2016/01/pulau-di-sultra-yang-rugi-jika-tak-dikunjungi.html

    ReplyDelete