Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dan Suku Bangsanya, Negara Republik Indonesia yang memiliki luas kurang lebih 1,904,569 km2 dan saat ini jumlah penduduk Indonesia 2012 diperkirakan sekitar 257.516.167 jiwa. Dengan berjuta-juta penduduk, Indonesia menempati urutan ke empat dalam daftar negara menurut jumlah penduduk (CIA World Factbook 2004). Dan dengan luas seperti dikatakan diatas, Indonesia menempati urutan ke 13 dalam daftar Negara menurut luas wilayah. Ternyata soal urutan, negara kita ini selalu ada di urutan atas. Karena Indonesia termasuk Negara kepulauan, penduduk Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Menurut sensus BPS tahun 2010 ada sekitar 1.340 suku bangsa di Indonesia. Sebut saja suku Jawa, Sunda, Batak, Betawi dan masih banyak suku-suku lainnya. Sebanyak 41% dari total populasi adalah suku Jawa. Orang Jawa kebanyakan berkumpul di Pulau Jawa, namun ada yang telah bertransmigrasi dan tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Sebanyak 58% penduduk Indonesia berdiam di pulau Jawa. Hal ini menjadikan pulau Jawa sebagai pulau dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Sedangkan di pulau Sumatra terdapat 21% penduduk nusantara.
suku bangsa masyarakat pakaian adat kepercayaan seluruh indonesia
suku bangsa Indonesia

Besar kecilnya suku bangsa yang ada di Indonesia tidak merata. Suku bangsa yang jumlah anggotanya cukup besar, antara lain suku bangsa Jawa, Sunda, Madura, Melayu, Bugis, Makassar, Minangkabau, Bali, dan Batak. Biasanya suatu suku bangsa tinggal di wilayah tertentu dalam suatu provinsi di negara kita. Namun tidak selalu demikian. Orang Jawa, orang Batak, orang Bugis, dan orang Minang misalnya, banyak yang merantau ke wilayah lain.
Keaneka-ragaman suku bangsa di Indonesia.  Hal ini antara lain disebabkan oleh:
  1. Perbedaan ras asal,
  2. Perbedaan lingkungan geografis,
  3. Perbedaan latar belakang sejarah,
  4. Perkembangan daerah,
  5. Perbedaan agama atau kepercayaan, dan
  6. Kemampuan adaptasi atau menyesuaikan diri.

Berikut daftar nama suku dan wilayahnya:

Demikian artikel tentang Masyarakat dan Suku Bangsa Indonesia, apabila ada yang belum disebutkan bisa menuliskannya di komentar. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel tentang Jumlah Pulau di Indonesia.

sumber : id.wikipedia.org dan sumber lainnya

Related Posts:

0 Response to "Masyarakat Indonesia"

Post a Comment