Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta Indonesia


Keindaham Wisata Parangtritis pasti sudah tidak diragukan lagi, pantai yang membentang sangat panjang dengan hiasan pasir dan ombah yang menyejukkan haati dan pikiran pastinya. Patai Parangtritis yang beralamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta atau tepatnya Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta INDONESIA kode pos 55188. Pantai ini terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta sudah menjadi salah satu icon kota Yogyakarta dan akan sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh wisatawan lokal dalam dan luar kota dan tidak jarang pula kita temukan wisatawan mancanegara yang juga berkunjug ke Pantai Parangtritis yang mempesona ini.  Jika ditarik dengan menggunakan sebuah garis lurus, maka letak Pantai Parangtritis, Gunung Merapi, dan Keraton Kesultanan Jogja masing-masing berdiri sejajar dalam garis yang sama dari utara ke selatan Jogja.

wisata pantai parangtritis jogjakarta yogyakarta http://www.wisataarea.com/
Pantai Parangtritis



Akses Menuju Pantai Parangritis

Akses menuju lokasi pantai Parangtritis sangat mudah, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi Berjarak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta dapat memilih 2 jalur yang dipakai untuk sampai ke lokasi Pantai Parangtritis ini. Rute yang pertama adalah melalui jalur Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – Pantai Parangtritis. Dan untuk jalur yang kedua kita bisa menggunakan rute dari Yogyakarta – Imogiri – Pantai Parangtritis. Jalur yang kedua ini memang lebih jauh akan tetapi dalam perjalanannya anda akan mendapatkan pemandangan alam yang menarik dan lebih bagus dari pada menggunakan jalur yang pertama. Sepanjang jalan anda akan melawati persawahan yang menghijau, sungai yang berkelok diantara perbukitan dan bila anda menyempatkan mengunjungi Makam Raja di Imogiri, maka anda akan mendapatkan sesuatu yang menarik bila melalui rute Imogiri. Jika ingin menggunakan kendaraan umum juga bisa dan tersedia, Anda dapat menggunkan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan rute Yogyakarta – Parangtritis dan perjalanan ini hanya akan memakan waktu tempuh tak lebih dari 1,5 jam saja.


Asal - Usul Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis pertama kali ditemukan oleh Dipokusumo seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit. Diceritakan Dipokusumo melakukan semedi di area pantai dan pada saat melakukan ritual semedi tersebut ia melihat ada tetesan air yang disebut Tumaritis dari celah batu karang yang disebut Parang. Maka kedua kata tersebut digabungkan dan menjadi Parangtritis yang berarti "Tetesan air dari celah batu karang"


Kunjungi juga Goa Cerme

 

Di Tempat Wisata Pantai Parangtritis ini kita dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti mengelilingi pantai dengan berjalan kaki atau menunggang kuda eh delman atau dokar ya. Jika berjalan kaki, Anda dapat menikmati hamparan pasir yang begitu luas diselingi debur ombak yang sesekali menyapu langkah tapak kaki di sepanjang pantai. Hati - Hati juga karena ombak di Pantai Parangtritis ini terkenal keindahan dan juga besarnya ombak.

sunset wisata pantai parangtritis jogjakarta yogyakarta http://www.wisataarea.com/


Fasilitas di Pantai Parangtritis :

Untuk Fasilitas pendukung di Pantai Parangtritis sudah sangat lengkap dan memadai bagi para pengunjung yang ingin memanfaatkannya. Sudah terdapat banyak hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi di sekitar area pantai Parangtritis, ada beberapa hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan suasana dan pemandangan pantai yang luar biasa indah tentunya.
Tempat ibadah seperti masjid dan mushola juga terdapat disekitar Pantai Parangtritis dengan jarak yang terjangkau kita bisa mamanfaatkannya agar tidak telat dalam menjalankan ibadah meskipun sedang dalam kondisi berwisata.


Kunjungi Juga Air Terjun Parangtritis



Terdapat banyak toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogja / Bantul yang terdapat disekitar pantai Parangtritis,dan juga banyak toko-toko kelontong dan warung makan yang bisa kita manfaatkan apabila ita membutuhkan minuman ringan, snack ataupun makanan apabila perut lapar. Banyak jenis makanan yang dijajakan para warga sekitar pantai Parangtritis diataranya : Soto, Bakso, Mie Ayam, Mie Rebus, Mie Gelas dan banyak lainnya.
Lahan parkir yang luas ditambah lagi penyewaan kamar mandi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membersihkan diri setelah bermain pasir atau air pantai.
Anda bisa menikmati keindahan pantai ini sekaligus melakukan olah raga pantai seperti berlari, naik atv. Disepanjang pantai anda dapat menyewa dokar ( kereta kuda ), motor ATV ( All Terrain Vechile ), menaiki kuda, maupun Paralayang bagi anda yang berjiwa pemberani.


Kawasan Gumuk Pasir bagaikan suasana di gurun pasir bila diabadikan untuk latar belakang foto.
Menikmati panorama Sunset atau matahaari terbenam yang indah di Pantai Parangtritis sambil menikmati jagung bakar yang maknyus rasanya.


kuda delman wisata pantai parangtritis jogjakarta yogyakarta http://www.wisataarea.com/


Tidak hanya sebagai pantai untuk berwisata keluarga, siswa sekolah ataupun mahaasiswa kampus namun pantai Parangtritis juga sering digunakan untuk hunting foto karena panoramanya yang memang indah dan menarik bagi para pengemar potografi.



Kunjungi Juga Air Terjun Lepo



Harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis sangat terjangkau , berikut ini daftar tarif yang berlaku di Parangtritis ( Maret 2014 )

  • Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
  • Tarif masuk motor Rp.1.000,
  • Tarif masuk mobil Rp.5.000,
  • Tarif parkir motor Rp. 2.000,
  • Tarif parkir mobil Rp. 5.000,
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran
Terimakasih atas kunjungannya. Buanglah sampah pada tempatnya! Selamat berwisata dan Semoga bermanfaat wisataarea.com :)
 

Related Posts:

0 Response to "Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta"

Post a Comment