Wisata Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta

Wisata Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta, diberi nama Pantai Sepanjang karena memang pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara diantara pantai pantai lainnya di wilayah kabupaten Gunungkidul. Pantai yang segaris dengan pantai Sundak, Kukup, Baron yang menawarkan pemandangan keindahan pantai dengan pasir yang putih terhampar di sepanjang pesisir pantai. Selain itu pantai ini juga sering disebut dengan pantai kuta jaman dulu. Memang pantai sepanjang masih sepi wisatawan yang berbeda dengan pantai kuta yang ada di Bali sekarang ini. Tapi mungkin pantai sepanjang ini adalah gambaran pantai kuta jaman dulu.
Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta
pantai Sepanjang


Lokasi Wisata Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini.
peta Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta
peta

Koordinat GPS: 8°8'12"S 110°34'0"E
Lihat peta / maps


Akses Menuju Wisata Pantai Sepanjang

Jogja – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Per3an masuk kawasan Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.


Fasilitas di area Wisata Pantai Sepanjang

Fasilitas yang tersedia di pantai Sepanjang lumayan lengkap yang meliputi rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewa untuk bermalam di pantai ini.


Baca juga Wisata Pantai Pulang Syawal 



Pantai Sepanjang termasuk obyek wisata yang baru di buka oleh pemkab Gunungkidul. Disekitar pantai ini akan terlihat pohon-pohon palem rapi berjajar si sepanjang pantai yang memperindah keanggunan pantai ini.

Ketika air laut sedang surut akan kita lihat karang-karang muncul dibibir pantai yang menjadi habitat dari aneka kehidupan biota laut. Para pengunjung dapat menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, anggang laut, bulu babi dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada batu karang tersebut.


Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta
pantai Sepanjang


Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga kita harus bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat untuk menemukan situs tersebut.



Baca juga Wisata Pantai Pok Tunggal 



Kita juga bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut yang dibuat oleh penduduk pesisir pantai berupa kereta kencana, barong, orang-orangan dan masih banyak lainnya.


Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat wisataarea.com :)

Related Posts:

0 Response to "Wisata Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta"

Post a Comment