Wisata Pantai Drini Gunungkidul Yogyakarta

Wisata Pantai Drini Gunungkidul Yogyakarta terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang. Dari pusat kota Yogyakarta jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini sejauh 60 km atau sekitar 2-3 jam. Sedangkan bila dari Wonosari hanya berjarak 21 km. Sedangkan bila dari Wonosari hanya berjarak sekitar 21 km. Dari Jalan raya, kita harus masuk sekitar 400 meter dan sampailah di Wisata Pantai Drini.
Lihat peta
pantai drini gunungkidul yogyakarta

Pantai Drini juga menjadi salah satu pantai yang istimewa dalam deretan pesisir pantai di Gunungkidul karena disini terdapat sebuah pulau kecil yang berada di tengahnya, dan membagi pantai Drini menjadi dua bagian. Katanya di pulau tersebut banyak ditumbuhi pohon santigi (Pemphis acidula), namun masyarakat di sini biasa menyebutnya dengan nama drini.

Baca juga Wisata Pantai Kukup

Akses menuju Wisata Pantai Drini, Infrastruktur menuju ke Pantai Drini cukup mulus, walaupun jalan masuk untuk sampai ke pantai ini cukup terjal dan berkelok-kelok. Pantai Drini merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Keunikan dari pantai Drini ini adalah terdapatnya pulau karang yang ditumbuhi oleh pohon Drini dan konon kayu dari pohon Drini tersebut berkhasiat untuk menangkal ular berbisa.

pantai drini gunungkidul yogyakarta


Pantai Drini berhadapan langsung dengan samudera Hindia dan memiliki lereng pantai yang cukup curam sekitar 10 derajat dan merupakan bagian dari Wonosari yang didominasi oleh batuan karst dari Gunungsewu. Pantai Drini ini dikenal dengan nama Pantai Perawan. Sebutan ini digunakan oleh masyarakat setempat karena kondisi pantai drini yang masih bersih, udara yang sejuk, air yang terasa dingin ditambah dengan hamparan pasir putih yang mempesona dan aliran airnya yang tidak seganas Pantai Parangtritis.

Baca juga Wisata Pantai Baron

Ciri khas Pantai Drini memiliki sebuah tebing besar yang berada di tengah-tengah pantai dan membagi pantai ini menjadi dua sisi, yaitu sisi barat dan sisi timur .Tebing ini terlihat begitu indah sehingga membuatnya seolah-olah seperti pulau kecil yang terapung di tengah pantai. Di atas karang ini dibangun mercusuar dimana dari menaranya mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Di pantai ini pengunjung juga dapat melihat dengan jelas rumput-rumput laut di antara karang-karang laut dan biota laut lainnya.

Sejarah Wisata Pantai Drini diyakini masyarakat setempat bahwa Bengawan Solo dulunya bermuara di laut selatan, tepatnya di pantai Sadeng dan pantai Drini. Karena terjadi peristiwa alam dan geologi dengan terdesaknya lempeng Australia mengakibatkan aliran sungai dari Bengawan Solo beralih ke arah utara menuju Gresik. Situs atau jejak aliran purba Bengawan Solo ini masih bis dilihat di kawasan Pantai Drini.

Baca juga Wisata Pantai Sepanjang

Fasilitas umum di Pantai Drini sudah cukup memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, rumah makan serta penjual souvenir ditambah lagi ada gazebbo yang berbaris di sepanjang bibir pantai Drini.

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat wisataarea.com :)

Related Posts:

0 Response to "Wisata Pantai Drini Gunungkidul Yogyakarta"

Post a Comment