Wisata Pantai Kukup Gunungkidul Yogyakarta

Wisata Pantai Kukup Gunungkidul Yogyakarta terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Sekitar 1 km sebelah timur obyek wisata pantai Baron atau 25 km ke arah selatan dari Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir yang putih terhampar luas dan laut dangkal yang cukup tenang berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai.
Pulau Jumino pantai kukup gunungkidul Yogyakarta
pantai Kukup gambar yukpiknik.com


Ketika air laut sedang surut kita bisa berjalan dan melihat biota laut disekitar karang. Apabila kita bertemu bulu babi jangan sampai dipegang atau terinjak dengan telanjang kaki karena bulu babi memiliki duri yang sangat beracun yang dapat menyebabkan infeksi, rasa nyeri, kejang dn ada beberapa kasus dapat menyebabkan henti napas.

Baca juga Wisata Pantai Baron

Terdapat sebuah pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino Di sebelah timur dari pantai Kukup, pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dapat dilewati oleh wisatawan yang akan melihat pulau tersebut dari dekat. di pulau ini terdapat juga gardu pandang yang sengaja disediakan untuk menikmati pemandangan laut lepas dari pulau tersebut

Pulau Jumino pantai kukup gunungkidul Yogyakarta
pantai Kukup gambar yukpiknik.com


Di tebing sebelah barat pantai kukup ini terdapat banyak gua –gua karang yang sering dipakai bermain oleh wisatawan dan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari.



Akses menuju Wisata Pantai Kukup tidak terlalu jauh dari Yogyakarta kira-kira sekitar 2 jam, dari Yogyakarta kita harus sampai di Wonosari terlebih dahulu dengan jarak 40 km. Dari Wonosari ambil jalur ke arah wisata pantai Kukup Baron yang berjarak sekitar 22 km ke arah selatan.

Baca juga Wisata Pantai Sepanjang 


Tiket paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp. 4.000,-. ( Januari 2014 )

Fasilitas yang ada di Wisata Pantai Kukup sudah cukup lengkap antara lain parkir yang cukup luas, mushola, serta toilet, penginapan dan berbagai tempat penjualan pernak-pernik khas dari pantai kukup. Juga terdapat pedagang ikan hias laut maupun terumbu karang. Di pantai ini juga terdapat beberapa warung untuk mengisi perut yang kosong.

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat wisataarea.com :)

Related Posts:

0 Response to "Wisata Pantai Kukup Gunungkidul Yogyakarta"

Post a Comment