Wisata AIR TERJUN LEPO di Pelosok Dlingo Bantul Yogyakarta


Wisata AirTerjun Lepo atau biasa disebut Grojogan Lepo yang terletak di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Wisata Air Terjun Lepo  memiliki 3 air terjun dan 4 kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

wisata air terjun lepo bantul yogyakarta wisataarea.com
gambar travel.detik.com

 
Berjarak sekitar satu setengah jam dari Yogyakarta. Ada dua cara untuk sampai ke Wisata Grojogan Lepo. Yang pertama, bagi kalian yang berada di wilayah Wonosari, kita bisa menuju Dlingo lewat Pathuk, Gunungkidul. Selain itu, bagi para pengunjung yang berasal dari wilayah kota, akan lebih mudah jika kalian lewat Jalan Imogiri Timur menuju ke Dlingo. Keduanya akan sampai di Pasar Dlingo, dari sini kita akan menemukan kantor kecamatan dan menuju Dusun Pokoh 1. Jalan cor blok akan menuntun kita untuk sampai ke tempat tujuan.

Baca Juga Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Suara gemericik air yang semakin terdengar jelas menyambut kedatangan kami. Dari kejauhan kami mulai melihat anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya kami sampai juga. Kami disambut oleh sebuah kedung atau kolam yang lumayan luas untuk berenang dengan air yang mengalir tenang. Sampai sejauh ini, kami tidak melihat satu air terjun pun.

wisata air terjun lepo bantul yogyakarta wisataarea.com
poto worlo-of-waterfall.com


Tidak seperti air terjun lainnya, untuk sampai ke air terjunnya, kami harus menuruni sungai tersebut. Grojogan Lepo ini terdiri dari tiga tingkatan besar di mana di setiap tingkatan memiliki kedung tersendiri yang cocok untuk bermain air.
Lepo merupakan kependekan dari Ledok Pokoh yang berarti lembah di Dusun Pokoh. Mengikuti jalanan menurun dan bersemen, akhirnya kita sampai di lokasi air terjun sekaligus pemandian alami di pelosok Dlingo. Terlihat beberapa remaja dan anak-anak asyik berenang dengan pelampung sambil bercanda dan sesekali melompat dari batu besar di tepi kolam. Tak ingin mengganggu keasyikan mereka, kami berjalan menuju kolam di bagian bawah yang lebih sepi.

Kunjungi Juga Bukit Tri Panjung

Air terjun Lepo memang tak hanya memiliki satu kolam alami untuk berenang dan bermain air. Sekilas Lepo sangat mirip dengan Erawan Falls di Erawan National Park, Thailand. Ada 4 tingkat kolam alami yang dihubungkan oleh 3 air terjun. Masing-masing kolam alami memiliki kedalaman yang beragam. Kolam pertama yang kami lihat ketika sampai tempat wisata ini kedalamannya mencapai 2 meter. Di kolam inilah remaja maupun orang dewasa biasanya berenang.


wisata air terjun lepo bantul yogyakarta wisataarea.com
gambar yogyes.com


Kunjungi Juga Wisata Pantai Baron

Dengan menyusuri jalan setapak dan anak tangga batu di sisi air terjun kita bisa sampai di tingkatan kolam kedua. Kolam yang paling luas ini kedalamannya hanya sebatas pinggang orang dewasa, sehingga lebih aman jika anak-anak bermain air di kolam ini. Meskipun tak jarang anak-anak memilih berenang di kolam pertama.

Kolam kedua dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang tersusun dengan cantik. Sebuah titian batu dan selokan kecil menambah kecantikannya. Ceruk batu di salah satu sisi kolam menjadi spot terbaik menikmati air terjun di tingkat ini. Tampak beberapa remaja asyik memanfaatkan ceruk batu ini untuk ber-groufie atau foto bersamasama. Sedangkan sebagian lainnya lebih memilih bermain air di dekat air terjun.

Tingkat ketiga adalah kolam yang paling dangkal, hingga bagian dasarnya yang tertutup endapan kapur pun terlihat dari permukaan air. Bagian yang menarik di kolam ketiga adalah tebing-tebing batu di sekitar air terjun yang berbentuk balok, seolah sengaja dipotong oleh tangan-tangan manusia. Karena tak ada persiapan baju ganti, kami harus puas hanya bermain air di kolam yang kedalamannya hanya mencapai lutut orang dewasa ini. Padahal, sejak pertama kali melihat warna turquoise yang mengisi kolam-kolam Air Terjun Lepo, kami sudah tak sabar untuk menceburkan diri ke dalam segarnya air. Tak berhenti di kolam ketiga, air terus mengalir ke kolam keempat sekaligus kolam terakhir. Tingkatan ini kira-kira sama dalamnya dengan kolam pertama namun jauh lebih sempit.

wisata air terjun lepo bantul yogyakarta wisataarea.com
poto detik.travel.com


Kunjungi Juga Wisata Pantai Drini di Gunungkidul

Sejuknya udara pegunungan dan keseruan bermain air telah menyihir kami hingga lupa kalau perut sudah mulai berdendang. Untungnya di sekitar Air Terjun Lepo sudah banyak warung-warung makan sederhana yang menyajikan beragam menu. Selain warung-warung makan, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan kamar mandi, aula sederhana serta persewaan pelampung dan tikar. Serunya, untuk menikmati kecantikan Air Terjun Lepo, kita hanya perlu memberikan retribusi seikhlasnya serta tetap menjaga kebersihan dan keindahannya.



Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat wisataarea.com :)

Related Posts:

Wisata Bukit Tri Panjung atau Sri Tanjung



Wisata Bukit Tri Panjung atau Sri Tanjung adalah sebuah nama yang terletak di Dlingo yang sedang hits saat ini. Sebuah tempat yang bisa melihat keasrian Air Sri Gethuk. 

pemandangan dari atas bukit tri panjung yogyakarta
pemandangan dari atas bukit Tri Panjung

Baca juga Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Bukit Tri Panjung terletak diperbatasan wilayah Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Dari aliran hulu sungai kemudian bertemu sungai Oyo, dan aliran terpecah menjadi tiga mata air terjun, maka terkenal dengan nama Tri Panjung, dua terletak di wilayah Bantul dan satu yang besar terletak di wilayah Gunung Kidul, meskipun sudah lebih dulu dikenalkan ke publik, Tri Panjung tidak segera terkenal, justru menjadi terkenal lebih dulu lokasi air terjun yang diwilayah Gunung Kidul yakni Sri Gethuk.

air terjun sri gethuk dari bukit tri panjung gunungkidul yogyakarta
air terjun sri gethuk dari bukit


Baca juga 10 Tips Liburan

Pemandangan landscape daerah wisata Bukit Tri Panjung sebenarnya menarik dengan banyaknya hutan dan bebatuan di sekitar sungai, pemandangan tebing dan puncak gunung. 

Wisata Bukit Tri Panjung berhadapan langsung dengan Wisata Air Terjun Sri Gethuk, membuat bukit Tri Panjung disebut-sebut sebagai kembar siam yang dipisahkan oleh Sungai Oyo. Dari bukit dengan tiga puncak ini terlihat aliran-aliran Air Terjun Sri Gethuk yang terpecah seolah menembus semak-semak rimbun hingga bermuara di Sungai Oyo.
Untuk mempermudah akses ke tempat yang menyajikan panorama Air Terjun Sri Gethuk dari ketinggian ini, berbagai fasilitas telah disediakan oleh pokdarwis setempat seperti gardu pandang sederhana, gazebo untuk beristirahat serta jalan dan tangga cor semen.

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata wisataarea.com :) 

Related Posts:

Wiasata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta


Wisata AirTerjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst.




wisata air terjun sri gethuk gunungkidul yogyakarta
air terjun Sri Gethuk pegipegi.com

 
Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro.
Air terjun ini bermula dari tiga sumber mata air: Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran-butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang tandus.

air terjun Sri Gethuk
Kunjungi juga Wisata Pantai Ngrenehan

Wisata Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu tempat  wisata yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dan juga ladang jagung milik warga sekitar, dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan yang begitulah. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di area parkir terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak yang naik dan turun dengan pemandangan hutan dan persawahan yang dihiasi pohon kelapa nan hijau, sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya dengan menggnakan perahu yang terbuat dari drum dan rangkaian papan kayu yang dilengkapi dengan tempat duduk dengan tenagan pendorong mesin diesel.

jalan persawahan uhaisnaini.com


perahu dari papan kayu dan drum


 Kunjungi juga Wisata Batu Seribu


Perjalanan menuju area Wisata Air Terjun Sri Gethuk melalui Sungai Oya terlihat begitu hijau dan tenang, menyatu dengan keheningan tebing-tebing karst yang berdiri dengan gagah di kanan kiri sungai, namun pemandangan ini hanya dapat dilihat pada musim kemarau saja karena eh karena pada musim penghujan aliran sungai akan sedikit keruh. Namun tidak perlu khawatir karena Air Terjun Sri Gethuk akan tetep jernih kok. Suara perahu yang melaju melawan arus sungai menyibak keheningan dan keindahan suasana. Sembari mengatur laju perahu, seorang pemandu menceritakan asal muasal nama Air Terjun Sri Gethuk, kalo pemandunya ga cerita coba aja tanakan sendiri hehe. Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun, horor juga kan hehe.


sungai oya dimusim hujan



Tak berapa lama menaiki perahu, suara gemuruh mulai terdengar. Wisata Air Terjun Sri Gethuk menanti di depan mata. Bebatuan yang indah di bawah air terjun membentuk undak-undakan laksana tepian kolam renang mewah, memanggil siapa saja untuk bermain di dalam air. Kita pun turun dari perahu dan melompati bebatuan untuk sampai di bawah air terjun dan mandi di bawahnya, tapi tenang saja meskipun bebatuan yang kita injak selalu terendam air namun tidak menimbulkan lumut yang licin melainkan semacam lapisan kapur yang tidak begitu licin dan disarankan juga untuk tetap berhati-hati agar tidak terjatuh atau kejegur ke aliran sungai. Oh iya kita bisa juga menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola sehingga bagi kita yang belum bisa berenang bisa aman jika ingin berenang dialiran sungai yang indah.  Kali ini rasanya seperti berada di negeri antah berantah di mana air mengalir begitu melimpah. Air mengalir di sela-sela jemari kaki, air memercik ke seluruh tubuh, air mengalir di mana-mana. Dan jangan lewatkan pula untuk melihat pemandangan pelangi yang terbentuk dari cipratan Air Terjun Sri Gethuk yang begitu indah.


disewakan nih
Bagi mereka yang punya adrenalin tinggi bisa juga dengan melompat dari seberang air terjun dari atas tebing kapur yang lumayan tinggi dan dijamin deh bakal bikin degdegan.


gambar groveadventure.com

Baca juga 10 Tips Buat Liburan Lebih Menyenangkan



Tempat Wisata Terdekat
  • Puncak Tri Panjung (0 km)
Dodogan, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
  • Gua Rancang Kencono (0.8 km)
Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  • Air Terjun Lepo (2 km) 

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata wisataarea.com :)

Related Posts: