Wisata Air Terjun Jurang Pulosari atau Curug Pulosari Bantul Yogyakarta



Wisata Air Terjun Jurang Pulosari terletak di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Dari namanya sudah bisa kita tebak kalau lokasi Air Terjun Pulosari ini berada di bawah jurang, namun kita tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah membuat jalan setapak sehingga memudahkan kita untuk mencapai lokasi yang dituju dengann mudah dan aman. 


Wisata Air Terjun Jurang Pulosari atau Curug Pulosari Bantul Yogyakarta wisataarea.com
gambar anekawisata.com


Nikmatilah setiap jengkal perjalanan, jangan ragu untuk berbincang dengan penduduk sekitar. Sejatinya sebuah perjalanan bukanlah tentang destinasi yang kita tuju, melainkan bagaimana kita bisa menikmati setiap proses didalam malakukan sebuah perjalanan itu sendiri.

Kunjungi Juga Wisata air Terejun Curug Banyunibo
Perjalanan menuju Wisata Air Terjun Jurang Pulosari sangat menantang. Jalan setapak dengan cor blok dan medan yang naik turun dan sedikit berkelok pun tetap setia menemani sepanjang perjalanan kita.

Air Terjun Jurang Pulosari sejatinya adalah air terjun yang bersumber dari aliran sungai alami. Air terjun ini terbilang kecil sehingga jangan membayangkan sebuah air terjun yang besar dan sudah terkenal Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu contohnya. Namun Air Terjun Jurang Pulosari tetap memiliki keindahan tersendiri yaitu karena lokasinya yang berada dibawah jurang. Secara lokasi, Jurang atau Curug Pulosari berada dilembah yang cukup dalam dan dikelilingi bukit batu dan tanah yang cukup tandus. Untuk mencapai lokasi ini kita harus rela berjalan kaki sejauh 100 meter menuruni bebatuan yang cukup terjal dan tepian sungai, tapi jangan khawatir karena terdapat bale-bale hasil inisiatif warga yang dapat kita gunakan untuk singgah dan beristirahat sejenak. Menurut cerita, gagasan awal untuk mengenalkan Wisata Air Terjun Jurang Pulosari adalah dari para trailer motor ndari luar daerah yang sering menggunakan area air terjun sebagai jalur mereka yaitu desa Krebet dan aliran sungai Curug Pulosari. Gagasan inipun disambut baik oleh masyarakat sekitar yang sebagian besar bermata pencarian sebagai perajin topeng kayu dan kerajinan kayu lainnya. Maka secara swadaya masyarakat melakukan penataaan dan membuat jalan yang lebih baik, lengkap dengan papan penunjuk arah ke lokasi Wisata Air Terjun Jurang Pulosari. Penataan yang dilakukan masyarakat ini membuat Wisata Air Terjun Jurang Pulosari menjadi lebih mudah diakses wisatawan. Setelah sampai di Desa Wisata Krebet kita cukup mengikuti papan penunjuk arah yang sudah terpasang atau kalau masih ragu kita bisa bertanya pada warga sekitar yang baik dan ramah.  Saat ini para wisatawan tidak perlu jauh berjalan kaki karena fasilitas yang sudah cukup memadahi jadi tak heran jika di akhir pekan akan ada cukup banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati air terjun ini. Penataan secara swadaya oleh masyarakat menjadikan kawasan ini tetap asri dan terjaga alamnya. Tidak ada bangunan permanen demikian jalan yang dibuat dari cor beton.

Kunjungi Juga Wisata Air Terjun Parangtritis
Tips : Sebaiknya datang ke lokasi ini pada saat musim penghujan, karena pada saat itulah air terjun mengalir deras dan terlihat maksimal keindahannya. Hati-hati juga karena pada saat musim hujan jalan juga menjadi sedikit licin jadi gunakan sepatu atau sandal yang cocok dan juga bawa pakaian ganti bagi kita yang akan bermain air.

Kita juga dapat berpartisipasi untuk ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan lokasi air dengan tidak meninggalkan sampah makanan atau minuman. Dengan demikian kita dapat menikmati keindahan dengan nyaman tanpa gangguan sampah yang berserakan. Selamat liburan. wisataarea.com

Related Posts:

0 Response to "Wisata Air Terjun Jurang Pulosari atau Curug Pulosari Bantul Yogyakarta"

Post a Comment