Wisata Air Terjun Parangtritis Yogyakarta


Wisata Air Terjun Parangtritis terletak Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Baik wisatawan manca negara maupun lokal pasti sudah tidak asing dengan Pantai Parangtritis yang berjarak sekitar 28 kilometer atau 50 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis tidak tahu bahwa ada air terjun di pantai tersebut. Padahal tidak hanya pantai tapi juga terdapat sebuah air terjun setinggi 15 meter yang terletak tidak jauh dari Pantai Parangritis, hanya sekitar 0.2km atau hanya 200meter saja, yang tepatnya berada di bukit Karangndok yang menjulang tinggi di sebelah Barat pantai Parangtritis. 

air terjun parangtritis pantai parangtritis yogyakarta wisataarea.com
air terjun parangtritis


Wisata Air Terjun Parangtritis berada dibibir pantai yang airnya langsung menuju kelaut sehingga hal ini semakin mempercantik pemandangan disekitarnya karena kita bisa menyaksikan dua pemandangan yang menakjubkan yaitu pantai Parangtritis plus air terjunnya.

air terjun parangtritis pantai parangtritis yogyakarta wisataarea.com
klinongklinong.com


Meskipun hanya dapat dinikmati saat musim penghujan saja namun kita tidak perlu kecewa karena kita masih dapat menikmati senja di Pantai Parangtritis ketika kita berkunjung pada saat musim kemarau.
Disebut Air Terjun Parangtritis karena air terjun ini berada di area Pantai Parangtritis, namun nama asli dari air terjun ini adalah Air Terjun Parangndok begitulah masyarakat sekitar menyebutnya, karena para pengunjung kurang tahu nama air terjun tersebut maka para wisatawan sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Parangtritis saja.
Menurut kepercayaan masyarakat lokal bahwa siapapun yang membasuh wajah dengan air yang mengalir di air terjun Parangtritis maka kita akan tetap awet muda. Jelas saja karena air pada air terjun tersebut sangat dingin dan segar sehingga dapat menhilangkan stres dan rasa letih karena kesibukan bekerja ataupun kesibukan lainnya.


Ada banyak fasilitas yang dapat ita nikmati di sini diantaranya ; kamar mandi, toilet, kereta kuda, mushola dan banyak warga yang menjajakan dagangan mereka. Kita dapat menikmati jagung bakar, wedang ronde, wedang jahe, es kelapa muda, es teh es jeruk dan banyak makanan dan minuman lainn yang dijajakan oleh warga. Jadi kita tidak perlu khawatir bila merasa lapar atau haus cukup mampir deh kewarung-warung terdekat.

Kita juga dapat berpartisipasi untuk ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan lokasi air dengan tidak meninggalkan sampah makanan atau minuman. Dengan demikian kita dapat menikmati keindahan dengan nyaman tanpa gangguan sampah yang berserakan. Selamat liburan. wisataarea.com

Related Posts:

0 Response to "Wisata Air Terjun Parangtritis Yogyakarta"

Post a Comment