Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri Jawa Tengah Indonesia

Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri Jawa Tengah Indonesia memiliki pemandangan yang sangat indah berupa stalagtit (menggantung dari atas goa kebawah) dan stalagmit (gunung-gunung kecil yang menjulang dari dasar gua) di sepanjang goa serta terdapat ruangan-ruangan di mana masyarakat sekitar percaya bahwa raung tersebut layaknya ruangan dalam kerajaan. Goa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan memiliki luas sekitar 1000 m2 (seribu meter persegi) serta jalur dalam gua yang dapat menembus bukit di seberangnya.Wisata Goa Putri Kencono berda di Desa Wonodadi, Kecamata Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri atau yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Wonogiri.

wisata goa gua putri ayu kencono kencana kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
solopos.com


Kunjungi Juga Wisata Bukit Gantole Wonogiri 


Asal-usul nama Wisata Goa Putri Kencono tidak lepas darialamarhum Pawiro Rejo atau mantan Kadus (kepala dusun) Wonosobo dan juga menjadi sesepuh desa setempat. Pawiro Rejo juga pemilik gunung Gandok di manaWisata Goa Putri Kencana Berada. Beliau sering bertapa dan bercerita kepada anak cucunya bahwa di Gunung Gandok tersebut bersemayam seorang rupawan dan cantik jelita dan memperkanalkan dirinya dengan nama Putri Kencana, sehingga dari peristiwa itulah warga sekitar akhirnya sering menyebut atau diberi nama Goa Putri Kencono.

wisata goa gua putri ayu kencono kencana kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
pintu gerbang


 Kunjungi Juga Wisata  Spiritual Kahyangan Wonogiri


Saat pertama kali ditemukan Wisata Goa Putri Kencono terdapat fosil-fosil seperti tulang belulang biantang dan sompil laut yang sudah membatu, pong-pongan (kuwuk), buah kemiri yang sudah membatu dan kul sejenis bekicot tetepi merayap pada dinding.
Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri memiliki panjang 121 meter dengan lebar 4 mete
r  dihiasi oleh stalagtit dan stalagmit yang masih hidup yang setiap tahunnya bertambah panjang.


 Kunjungi Juga Wisata Pantai Nampu Wonogiri


Masuk kedalam Area Wisata Goa Putri Kencono yang terdapat ruang-ruang didalamnya kita akan disambut oleh ruangan yang berbentu seperti gajah dan warga sekitar juga percaya bahwa ruangan tersebut digunakan sebagai ruangan untuk menerima tamu yang akan diuji fisik dan pikirannya. Namun sebelum itu kita harus mengisi buku tamu  dan membaca papan larangan yang bertuliskan jika wanita yang sedang haid dilarang masuk kedalam Goa Putri Kencono. Dan apabila larangan tersebut dilanggar maka lampu akan padam atau orang tersebut akan mengalami musibah di dalam goa menurut cerita warga sekitar.


Kunjugi Juga Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri


Setelah berjalan beberapa langkah kita akan sampai pada raung kebudayaan dimana ada sebuah keistimewaan diruangan ini, yaitu apabila stalagtit atau stalagmit kita oukul maka akan menghasilkan siara yang mirip dengan suara Gamelan Jawa.
Masuk lebih dalam lagi kita akan sampai pada ruang pusaka dimana konon warga percaya bahwa banyak terdapat pusaka-pusaka goib tersimpan di ruangan ini. Selanjutnya kita tiba di ruang yang lebih luas dan langit-langit goa yang lebih tinggi dan terdapat stalagtit yang menjulur kebawah menyerupai sebuah tempat duduk. Ruang ini dipercayai sebagai ruang jumenengan yang biasa digunakan sebagai tempat bermeditasi. Dibelakangnya atau dibelakang ruang jumenengan trerdapat raung sarasehan yang tampak lebih luas dan dipercaya dalam raungan sarasehan ini biasa digunakan sebagai ruang pertemuan oleh Putri Kencono dan seluruh penghuni goib goa menggelar rapat. Mitos yang sama juga ada dalam ruang keluarga yang letaknya cukup jauh dalam goa. Dan lokasi yang berada di paling ujung adalah Sendang Panyuwunan.
Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri memiliki mitos dan sejarah yang majadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang mengunjunginya baik sebagai wisata spiritual maupun wisata liburan pada umumnya.

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam bauanglah sampah pada tempatnya! Semoga bermanfaat dan selamat berwisata wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri Jawa Tengah Indonesia"

Post a Comment