Wisata Spiritual Kahyangan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Indonesia

Wisata Spiritual Kahyangan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Tidak hanya Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang menjadi ikon dan tujuan wisata di Kabupaten Wonogiri namun tidak kalah juga sebuah tempat wisata yang terletak sebelah Timur Kabupaten Wonogiri tepatnya di Desa Dlepih, Tirtomoyo terdapat sebuah situs bersejarah yang bernama Kahyangan yang hanya berjarak kirakira 50 km dari arah pusat Kota Wonogiri.


Kunjungi Juga Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM)


Rute Menuju Wisata Spiritual Kahyangan Kabupaten Wonogiri dari kota Wonogiri kita bisa mulai naik dari terminal bus Giriwono kemudian naik minibus jurusan Tirtomoyo dari dekat Ponten dekat Kantor Badan  Pertanahan Wonogiri. Dari Tirtomoyo bisa naik angdes atau angkutan desa jurusan Kahyangan atau Sukarjo, tapi kita belum sampai pada tempat tujuan kita dan jika ingin sampai pada tempat parkir Wisata Spiritual Kahyangan kita harus membayar ekstra.


wisata spiritual kahyangan kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
gambar mytrip123.com


Setelah kita sampai pada Wisata Spiritual Kahyangan Wonogiri kita akan disuguhi dengan goa yang berada diatas kedung. Konon, tempat itu digunakan oleh Danang Suto Wijoyo untuk tempat bersemedi oleh Raja Mataram Islam yang pertama tersebut. Selain goa dan kedung juga terdapat sebuah air terjun, di puncak Kahyangan pula konon Raja Mataram tersebut menemui Kanjeng Nyi Roro Kidul atau Ratu Kidul atau Ratu Pantai Selatan.


wisata spiritual kahyangan kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
gambar suaramerdeka


Kunjungi Juga Wisata Pantai Nampu Wonogiri



Wisata Spiritual Kahyangan Wonogiri konon merupakan tempat Raja Mataram dalam melakukan tirakat dan meditasi. Di tempat ini pula Raja Danang Suto Wijoyo mendapat wahyu dan mengadakan perjanjian untuk mendirikan sebuah kerajaan di tanah Jawa. Dalam sejarah Kerajaan Mataram memang akhirnya dapat menguasai tanah Jawa dan menjadi salah satu kerajaan yang disegani di Nusantara.

wisata spiritual kahyangan kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
gambar wonogiri.kab.go.id


Kunjungi Juga Wisata Bukit Gantole Wonogiri
 


Wisata Spiritual Kahyangan Wonogiri juga mulai rame pada hari-hari menjelang pergantian Tahun Baru Jawa (bulan Suro) atau 1 Muharam dalam bulan Islam, banyak wisatawan yang berkunjung Wisata Spiritual Kahyangan dari dalam daerah maupun luar daerah Wonogiri, terutama dari Yogyakarta, Pacitan, Solo, Karanganyar. Sedangkan pada hari-hari biasa akan banyak dikinjungi pada malam Jum’at Kliwon terutama oleh orang-orang luar daerah yang mengadakan semacam syukuran dengan mengundang warga sekitar Kahyangan Wonogiri.


wisata spiritual kahyangan kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
acara sedekah bumi gambar wonogiri.kab.go.id



Kunjungi Juga Wisata Menara Pandang Soko Gunung
 
 
Suasan di Wisata Spiritual Kahyangan memang tersa sakral dengan iringna suara gemericik suara air sungai yang mengalir. Kita bisa sekedar istirahat  danmelepaskan lelah dari perjalanan dan hirukpikiuk kesibukan yang membosankan setiap harinya.




Kunjungi Juga Wisata Batu Seribu Wonogiri 



Fasilitas di Wisata Spiritual Kahyangan juga dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana diantaranya adalah tempat ibadah, toilet, tempat makan dan tempat pembelian souvenir yang terbaut dari kayu, batu mulia dan benda-benda lainnya.




Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam bauanglah sampah pada tempatnya! Semoga bermanfaat dan selamat berwisata wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Wisata Spiritual Kahyangan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Indonesia"

Post a Comment