Rujak atau Lotis

Rujak atau Lotis

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan salah satu kuliner yang satu ini, ya rujak atau sering juga disebut lotis dalam bahasa Jawa. Makanan yang biasa disajikan disiang hari untuk menambah kesegaran dan  terdiri dari aneka buah-buahan khas Indonesia yang dipotong dengan ukuran yang bervariasi pada umumnya dipotong dengan ukuran kecil-kecil dan tipis dengan dibumbui sambal manis asam pedas, hmm siapa yang tidak ingin menikmatinya.

gambar rujak lotis manis asam pedas sambal wisataarea.com
gambar @wisataarea ig





Lotis atau rujak biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut atau hanya dijadikan snack atau camilan saja, dengan komposisi yang terdiri dari buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan air kita tidak perlu khawatir karena snack yang satu ini tidak akan menambah berata badan, malahan akan menyehatkan dan mampunmenurunkan berat badan dengan kandungan vitamin dan mineral  dan  kandungan serat buah-buah dan asam jawa pada sambal yang dapat melancarkan pencernaan, tapi jangan berlebihan juga dalam mengkonsumsi kuliner yag satu ini karena bisa membuat bolak-kamar mandi seharian.


Baca Juga 40 Jenis Sate di Indonesia 
 

Cara membuat Rujak atau Lotis

Untuk buah-buahan yang sering digunakan untuk membuat rujak atau lotis diantaranya ; mangga muda buah ini seperti buah wajib dalam pembuatan rujak atau lotis karena rasanya yang asam dapat membangunkan jiwa dan raga yang tertidur hehe. Namun karena mangga merupakan buah musiman kita tidak dapat menikmatinya setiap waktu, namun kita dapat mengganti mangga dengan buah kedondong yang memiliki citarasa dan mampu menggugah selera dengan rasa asamnya. Agar buah kedondong tidak terlalu masam kita bisa kupas kulitnya karaena bagian paling masam tedapat pada kulit tersebut dan apabila mangga terlalu masa malah jangan kupas kulitnya karena kulit mangga dapat menetralisir asam pada daging buah mangga yang masih muda, jadi jangan terbalik ya. Buah selanjutnya adalah bengkoang atau besusu dalam Bahasa Jawa,buah atau umbi yang terdapat di dalam bawah tanah dengan batang tanaman merambat ini memiliki warna yang putih dan rasa yang manis segar dengan kandungan airnya yang melimpah. Mentimun juga menjadi buah yang sering atau bahkan tidak pernah ketinggalan dalam membuat rujak atau lotis. Nanas bisa kita gunakan yang masih muda atau setengah matang, karena apabila terlalu matang buah akan lunak dan kurang greget dan rasanya juga manis kurang asam. Pepaya kita gunakan yang masih setengah matang dengan warna yang sudah merah/orange cerah namun pilih yang masih memiliki tekstur keras. Jambu kita bisa memakai berbagai macam jambu, mulai dari jambu air, jambu kerikil, jambu bangkok, sampai jambu monyet. Namun hati-hati ketika memakan jambu moinyet atau jambua air karena apabila dimakan dengan sambal dapat menyebabkan tersedak apabila tidak hati-hati, karena jambu ini seperti menimbulkan gas apabila dimakan bersama sambal rujak. Masih banyak buah-buah yang bisa kita gunakan untuk membuat rujak buah-buahan diatas ( mangga, kedondong, pepaya, bengkoang, nanas, jambu, belimbing ) hanya beberapa contoh saja kita bisa berkreasi dengan buah buahan lainnya. Semua buah diatas dikupas ( yang perlu dikupas ) kemudian dicuci lalu diiris tipis-tipis.
Penikmati rujak atau lotis ini meliputi semua kalangan, mulai dari anak-anak kecil, anak muda, dewasa dan bahkan orang tua pun suka akan kuliner ini. Ada juga mitos atau cuman kebawa mitos aja kalo orang yang hamil kebanyakan mengidamkan atau menginginkan untuk makan  rujak atau lotis ini, entah percaya atau tidak lotis atau rujak tetap menjadi salah satu kuliner yang tidak dapat dipandang sebelah mata karena rasanya memang mantap apalagi disajikan dengan sambal yang pedas.


Baca Juga Wisata Religi




Cara Membuat Sambal Rujak atau Lotis

Untuk bahan – bahan membuat sambal rujak atau lotis diantaranya ; cabe rawit merah atau hijau tergantung selera, gula jawa, asam jawa, garam itu sebagai bahan utama dalam pembuatan sambal dan ada juga yang ditambah dengan kacang tanah dan terasi. Untuk pembuatan sambal pertama-tama kita siapkan cobek ( lemper ) dan ulekan ( munthu), selanjutnya cuci cabe terlebih dahulu kemudian masukkan kedalam cobek dengan garam secukupnya, ulek sampai halus. Setelah cabe dan garam halus selanjutnya kita masukkan asam jawa dan terasi( bagi yang suka ) secukupnya  yang telah kita buang biji dan kulitnya sehingga tinggal daging buahnya, setelah asam jawa tercampur selanjutnya kita masukkan gula jawa dan ulek hingga tercampur rata dengan cabe, garam, dan asam jawa tersebut. Bisa juga ditambahkan kacang tanah diulek kasar, namun bagi yang tidak suka dengan terasi dan kacang tanah tidak perlu ditambahkan bahan itu.  Untuk mengencerkan sambal yang kita buat kita bisa menggunakan es batu, atau air atau buah mentimun yang dibuang bijinya terlebih dahulu.
Setelah semua bahan siap tinggal kita taruh pada piring atau wadah lalu untuk sambal kita bisa menyiramkannya atau langsung mencolek pada cobek.


Baca Juga Tips Check In Hotel



Semoga bermanfaat dan selamat menikmati. Wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Rujak atau Lotis"

Post a Comment