Wisata Gunung Sepikul Kabupaten Sukoharjo

Wisata Gunung Sepikul Kabupaten Sukoharjo


Wisata Gunung Sepikul Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia.
Meskipun lebih dekat dengan kota Kabupaten Wonogiri, tapi Wisata Gunung Sepikul masuk dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo. Tepatnya berada di Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.
Gunung Sepikul termasuk salah satu dari gugusan pegunungan batu yang melintang dari Kabupaten Wonogiri hingga Kabupaten Sukoharjo.

Wisata gunung sepikul kabupaten sukoharjo jawa tengah Indonesia
Gunung Sepikul

Asal - usul Gunung Sepikul

Asal – usul nama Gunung Sepikul atau Bukit Sepikul karena terdapat dua bukit kecil yang saling bersebelahan dan terlihat seperti suatu benda yang akan dipikul sehingga warga sekitar menyebutnya dengan nama Gunung Sepikul.



panorama gunung sepikul sukoharjo jawa tengah indonesia wisataarea.com
panorama gunung sepikul


Rute Menuju Gunung Sepikul

Jika kita dari arah kota Wonogiri maka kita menuju ke arah Solo/Surakarta atau tepatnya menuju kearah terminal induk Wonogiri yang baru kemudian belok kiri atau mengikuti arah jalur alternatif Wonogiri – Jogja, Sekitar 5 kilometer kita akan melihat gapura besar yang berada di sebelah kiri jalan yang bertuliskan Objek Wisata Batu Seribu kita masuk sekitar 500 meter ada pertigaan dan terdapat papan yang bertuliskan Wisata Selfie Gunung Sepikul atau Bukit Sepikul kita belok kiri dan lurus saja kita nanti sudah sampai pada tempat parkir yang sudah dijaga oleh warga sekitar.
Jika kita dari arah kota Surakarta atau Solo maka kita menuju ke arah kota Wonogiri, kemudian setelah kita sampai kearah terminal induk Wonogiri yang baru kemudian belok kanan atau mengikuti arah jalur alternatif Wonogiri – Jogja, Sekitar 5 kilometer kita akan melihat gapura besar yang berada di sebelah kiri jalan yang bertuliskan Objek Wisata Batu Seribu kita masuk sekitar 500 meter ada pertigaan dan terdapat papan yang bertuliskan Wisata Selfie Gunung Sepikul atau Bukit Sepikul kita belok kiri dan lurus saja kita nanti sudah samai pada tempat parkir yang sudah dijaga oleh warga sekitar. Namun apabila kita bingung atau ragu-ragu kita bisa bertanya langsung pada warga sekitar dengan sopan maka warga dengan ramah akan menunjukkan tujuan kita.


Kunjungi Juga Wisata Bukit Gantole Wonogiri




Setelah kita sampai dan menitipkan kendaraan kita bisa langsung naik menuju puncak bukit atau gunung sepikul namun apabila kita lelah atau haus kita juga bisa membeli makanana ringan atau minuman yang dijajakan oleh warga sekitar, tp jangan lupa bayar dan buang sampah pada tempatnya. Selain dilarang membuang sampah sembarangan di objek wisata Gunung atau Bukit Sepikul tidak diperkenankan pula berbuat mesum dan minum minuman keras! Kita bisa juga berteduh di bawah pohon beringin besar yang dibawahnya telah diberi tempat duduk dari kayu yang memeng sengaja disediakan warga sebagai rest area bagi para wisatawan.

pintu masuk wisata gunung sepikul sukoharjo jawa terngah Indonesia wisataarea.com
Pintu masuk Gunung Sepikul


Apabila tenaga kita sudah siap untuk mendaki langsung saja menuju tkp yaitu puncak bukit atau Gunung Sepikul, pertama-tama kita akan melewati papan yang berisikan nama-nama batu atau objek yang akan kita temui dalam perjalanan naik ke puncak gunung sepikul nantinya. Diaantaranya yaitu Watu Tindik, Watu Jaran, Watu Kandang dan watu watu lainnya. Kemudian kita menyusuri jalan tanah setapak yang datar, kemudian jalan tanah yang sedikit menanjak namun tenang saja karena di tepinya sudah disediakan bambu sebagai pegangan agar kita lebih mudah menaikinya. Setelah jalan tanah yang sedikit menanjak kita akan disuguhi dengan tantangan menaiki tebing yang cukup miring, tenang saja tidak terlalu tinggi dan berbahaya tp tetap hati-hati ya! Lalu kita melewati padang rumput yang tidak terlalu luas dan jika kita lelah kita bisa beristirahat disini. Lalu perjalanan berlanjut dengan menaiki tebing yang cukup curam nanmun cuman beberapa meter saja tidak terlalu tinggi tetep hati-hati ya! Dan setelah tebing tersebut kita sudah sampai pada puncak Gunung atau Bukit Sepikul dan nikmati keindahan perbukitan seribu yang membentang , permukiman warga sekitar, persawan dan pertanian warga. Jangan lupa abadikan momen secukupnya dan tetep hati-hati karena kita berada di ketinggian dengan hembusan angin yang kencang.


Kunjungi Juga Wisata Batu Seribu


Saran kami jika ingin mengunjungi Gunung Sepikul adalah pada waktu senja atau matahari pada musim kemarau agar tidak terjebak hujan dan matahari yang terbenam tidak tertutup mendung.

Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam maka buanglah sampah pada tempatnya.

Selamat berwisata dan semoga bermanfaat. Wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Wisata Gunung Sepikul Kabupaten Sukoharjo"

Post a Comment