Wisata Watu Cenik Wonogiri

Wisata Watu Cenik Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Indonesia


Bagi warga Wonogiri dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Landasan Paralayang atau yang biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan Bukit atau Gunung Gantole atau Puncak Joglo. Pada tulisan kali ini saya akan mengulas tempat wisata Watu Cenik  yang berada diatas Bukit Gantole dengaan pemandangan perbukitan seribu dan tentunya icon Kabupaten Wonogiri yaitu Waduk Gajah Mungkur.

wisata watu cenik bukit gantole kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
Jangan ditiru hehe


Objek Wisata Panorama Watu Cenik adalah salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan perbukitan seribu dengan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian sebuah bukit. Nama Watu Cenik sendiri berasal dari watu yang berarti batu dan cenik yang berarti nampak kecil, jadi bisa diartikan sebagai batu ya g terlihat kecil ya meskipun batunya juga lumayan besar degan diameter satu meter dan tinggi sekitar satu setengah meter.



Kunjungi Juga Waduk Gajah Mungkur Wonogiri


Lokasi Wisata Watu Cenik

Lokasi Wisata Watu Cenik berada di landasan Gantole 1 Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Rute Menuju Wisata Watu Cenik

Untuk Rute Menuju Objek Wisata Watu Cenik Wonogiri ini terletak di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Kalau dari arah Wonogiri lurus saja ke selatan menikuti jalur yang menuju Waduk Gajah Mungkur atau Wuryantoro dan Praci. Sebelum melewati OW Waduk Gajah Mungkur kita akan menjumpai jembatan panjang, lurus saja, setelah jembatan sekitar 100meter di kanan jalan ada Menara Filter dan gapura bertuliskan Gantole. Jalanan sempit menanjak dengan banyak tikungan tajam sehingga kita perlu berkonsentrasi ekstra dan nyali yang cukup untuk melewatinya. Rute yang didominaasi dengan jalan aspal yang menanjak juga sempit melewati perkampungan warga dan dihiasi dengan lahan pertanian warga, jurang dan pepohonan hijau yang lebat kadang juga ada beberapa monyet yang bergelantungan di atas pohon tersebut.

tangga turun cor wisata watu cenik bukit gantole kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
tangga cor menuju Watu Cenik


Setelah kita mamarkirkan kendaraan, lalu kita mulai berjalan menaiki beberapa anak tangga dan melewati landasan gantole 1 yang telah yang terbuat dari lembaran kayu. Kita bisa menambil gambar atau sekedar berfoto disini dan menggunakan beberapa properti untuk menambah agar suasana menjadi lebih hidup. Lalu dilanjutkan dengan berjalan melewati sebuah makam yang terdapat rumah didalamnya. Disekeliling makam terdapat pula beberapa pohon bunga kamboja, kita juga bisa menggunakanya sebagai properti berfoto atau sekedar background. Jika kita ingin menggunakan bunganya sebagai properti jangan memetiknya, tp gunakanlah bunga yang rontok saja agar tidak merusak lingkungan. Selanjutnya kita akan menuruni anak tangga yang terbuat dari cor semen yang sekelilingnya dihiasi rerumputan, terdapat pula beberapa tower provider telepon yang berdiri kokoh di kawasan tersebut.

wisata watu cenik bukit gantole kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
Waduk Gajah Mungkur berawan
Ketika kami berkunjung ke Objek Watu Cenik untuk mendapatkan sunrise atau matahari terbit, ternyata cuaca sedikit berkabut namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan panorama watu cenik dengan hiasan Waduk Gajah Mungkur sebagai latarnya dapat kita lihat pada gambar diatas. Jadi jangan ragu lagi untuk mengunjungi wisata Watu Cenik jika berkunjung ke Wonogiri dan sekitarnya.

Kunjungi Juga Landasan Paralayang Bukit Gantole


Jika kita dari kota Solo, bukit ini bisa ditempuh sekitar satu hingga satu setengah jam perjalanan sedangkan jika kita berasal dari arah kota Wonogiri hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Waktu paling tepat untuk datang ke bukit ini adalah menjelang senja antara pukul 5 dan pukul 6 sore. Sambil menunggu waktu matahari tenggelam kimu bisa menikmati sejuknya hembusan angin yang akan menghadirkan ketenangan sambil menikmati indahnya pemandangan. Setelah matahari mulai beranjak ke peraduan, cahaya oranye-nya akan terlihat begitu mempesona. Namun bagi kita yang suka atau ingin menikmati indahnya matahari terbenam juga bisa menyaksikan keindahannya dengan datang sebelum matahari terbit sekitar pukul 5.30 pagi. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keindahan pemandangan di Wisata Watu Cenik.

wisata watu cenik bukit gantole kabupaten wonogiri jawa tengah indonesia wisataarea.com
gambar @bagoes.ibra IG


Sedikit informasi tambahan pada awal tahun 2017 lalu tepatnya pada hari Minggu tanggal 1 Januari 2017 tiga objek wisata panorama alam di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, secara resmi dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sendang Pinilih  dengan  menarik retribusi masuk wisata dan parkir sejak hari itu.


Kunjungi Juga Menara Pandang Soko Gunung Wonogiri


Tiga objek wisata Desa Sendang yang mulai dikelola BUM Desa yakni Watu Cenik, Puncak Joglo atau Landasan Gantole 1 dan 2 dan Menara Pandang Soko Gunung.
Ketiga objek wisata tersebut memang menawarkan pemandangan panora alam yang sudah dikenal luas oleh masyarakat berupa pegunungan, perbukitan, lahan pertanian, perairan dan perikanan Waduk Gajah Mungkur dari atas ketinggiaan.

BUM Desa dibentuk berdasar Surat Keputusan (SK) Kepala Desa (Kades) Sendang No. 14/2016 tertanggal 29 Juni 2016. Kegiatannya diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) No. 4/2016 tentang BUM Desa Sendang Pinilih. Di dalamnya mengatur ihwal anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART), pengelolaan objek wisata, dan sebagainya.
Untuk retribusi masuk lokasi Rp2.000/orang, parkir Rp1.000/sepeda motor dan Rp2.000/mobil. Tarif ini masih fleksibel. Jika ke depan ada kritik, saran, dan masukan tarif bisa berubah karena ini masih tahap uji coba.

Terimakasih atas kunjungannya. Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam buanglah sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata wisataarea.com :)

Related Posts:

0 Response to "Wisata Watu Cenik Wonogiri"

Post a Comment