Disneyland Boyolali

Disneyland Boyolali


Kita pasti sudah tidak asing dengan wahana wisata dan taman bermain Disneyland. Pembangunan wahana wisata bermain berskala internasional yaitu Disneyland akan di bangun di Boyolali. Wahana bermain itu akan mulai dibangun pada 1 September 2017 yang akan dibangun di atas lahan seluas 100 hektare dengan nilai investasi mancapai Rp6 triliun.

wahana wisata dan taman bermain disneyland Boyolali wisataarea.com
Logo Disneyland


Pernyataan yang disampaikan oleh Bupati Boyolali Seno Samodro di Jakarta, Kamis (13/4). “Peletakan batu pertama pada September 2017,” ujar Seno. Di Jakarta Seno juga menyampaikan pengumaman  bahwa wahana hiburan yang senilai 5 hingga 6 triliun itu seluruhnya dari investor asing yang akan bermitra dengan pengembang lokal.

Bupati Boyolali tersebut juga menuturkan studi kelayakan atau feasibility study (fs) sudah dilakukan jajaran Disneyland. Dalam proyek Disneyland di Boyolali terdapat beberapa investor, salah satunya adalah Universal Studio dengan menjadi pemegang saham lebih dari 20%. Pembangunan Disneyland di Boyolali juga tidak memiliki kaitan dengan pembangunan Walt Disney di Lido Bogor. Bila pembangunan Disneyland berjalan lancar maka potensi pariwisata di Jawa Tengah akan semakin membaik pula. Investor akan lebih mudah berinvestasi, perizinan investasi paling lama tiga jam,” ujar Bupati Boyolali tersebut. Meskipun sebelumnya pernah mencuat wacana bahwa pembangunan Disneyland di Temon, Kulonprogo, seiring pembangunan bandara baru di Kulonprogo.
Investor disebut telah malakukan penjajakan dengan meninjau lokasi yang dinilai berpotensi di Kulonprogo. Seperti yang dikutip dari laman resmi Hongkong Disneyland Resort yang merupakan perusahaan patungan Theme Parks Limited, pemerintah Hongkong , dan The Walt Disney Company.


Kunjungi Juga Papua


Hingga akhir 2015, komposisi saham Hong Kong Disneyland Resort yakni 53% dipegang pemerintah dan 47% dimiliki The Walt Disney Company. Tak hanya Boyolali, dalam waktu dekat Lido melalui group MNC juga akan membangun wahana hiburan dengan menggandeng presiden Amerika Serikat Donald J Trump. Berdasarkan catatan bisnis Jaringan Informas Bisnis Indonesia, MNC Land sedang mengembangkan MNC Lido City, sebagai destinasi liburan dan gaya hiduo terintegrasi dengan luas 3.000 hektare. Taman hiburan yang akan dibangun yang akan dibangun di Lido tersebut merupakan theme park bertaraf internasional yang diteargetkan akan mmulai beeoperasi pada 2019. Namun taman hiburan tersebut tidak terkait dengan Walt Disney Co., seperti Disneyland California, Disneyland Paris, Disneyland Hongkong, Disneyland Resort Tokyo dan Disneyland Resort Shanghai.

KeretaGantung

Bupati Boyolali Seno Samodro juga menyebutkan bahwa Kabupaten Boyolali juga tegah menyiapkan kereta gantung dengan biaya sekitar 120 miliar rupiah. Bupati Boyolali sedang serius untuk menggarap sektor pariwisata. Bulan lalu Bupati Boyolali tersebut telah mengklaim menandatangani proyek investasi senilai 16 Triliun rupiah. Dia menganalisis bahwa, alasan investor asing masuk Jawa Tengah karena biaya tenanga kerja yang relatif murah dan iklim investasi yang baik.


Kunjungi Juga Wisata Batu Seribu




Dua tahun terakhir tren penanaman modal asing (PMA)  di Boyolali mencatatkan peningkatan. Pada 2015 dan 2016, nilai investasi PMA yang masuk mencapai 117 miliar rupiah dan 300 miliar rupiah. Sementara itu penanaman modal dalamm negeri (PMDN) pada 2015 dan 2016 masing – masing 1,09 triliun rupiah dan 693,3 miliar rupiah.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan untuk meningkatkan daya tarik investor asing masuk Jawa Tengah, pemerintah tengah menggenjot perbaikan infrastruktur, khususnya jalan dan listrik.

gambar logo kabupaten Boyolali wisataarea.com
Logo Kabupaten Boyolali


Tumbuhnya investasi di Boyolali disertai dengan rencana revisi peraturan daerah (Perda) Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW). Revisi tersebut dilakukan agar kabupaten penghasil susu sapi tersebut kian menarik dan mudah, salah satunya terkait pembanguna Taman Wisata Disneyland Asia Tenggara. Kepala Bappeda Boyolali Nur Khamdani mengatakan semangat utama dalam merevisi Perda RTRW ialah Boyolali menjadi wilayah yang paling ramah bagi investor. Itulah sebabnya pemkab Boyolali akan memlakukan revisi pada Perda RTRW untuk mendukung visi misi bupati mewujudkan kabupaten ramah investasi. “Namun tetap mengacu pada aturan, seperti tidak menghilangkan lahan hijau produktif”.
Salah satu hal yang akan dimasukkan dalam revisi Perda RTRW ialah memperluas jangkauan wilayah industri dan pariwisata. Selama ini wilayah industr hanya terpusat pada sejumlah wilayah saja. Setelah direvisi maka wilayah yang dapat digunakan untuk pengembangan industri dan pariwisata akan semakin luas. “Salah satunya kami akan mengarap Boyolali wilayah Utara, seperti Juwangi, Kemusu, Wonosegoro agar dilirik investor. Namun harus dipikirkan juga sarana dan prasarana pendukung, khususnya jalan,”.


Kamu Harus Tau Berapa Jumlah Pulau di Indonesia



Selain pembanguna wahana bermain Disneyland, kabupaten Boyolali juga akan membangun wahana wisata dan sarana prasarana yang lain, diantaranya ;

1.    Stadion Sepak Bola

Stadion baru yang diwacanakan akan dibangun di Paras, Cepogo, Boyolali. Dengan butuh anggaran dana Rp30-Rp35 miliar untuk proyek di lahan seluas 20 hektare. Pembangunan disebutkan akan dimulai pada tahun 2018.

2.    Stadion Atletik

Direalisasikan tahun ini dengan anggaran Rp1,5 miliar di timur Mapolres Boyolali dengan luas 4 hektare.

3.    Bandara Boyolali

Bupati Boyolali menyebutkan ada tiga lokasi alternatif bandara. Disebutkan nilai investasi bandara dan hotel mencapai 10 triliun rupiah. Belum ada kejelasan mengenai proyek ini.

4.    Taman Dunia di Asrikanto

Proyek jalan simpang lima di Asrikanto, Kiringan, Boyolali kota, dielengkapi dengan pembangunan miniatur tujuh keajaiban dunia dengan anggaran proyek membutuhkan dana 3,2 miliar rupiah.

5.    Golden Gate

Proyek golden gate yang diperkirakan menelan anggaran dana sekitar 25,1 miliar rupiah dan ingin di realisasikan pada tahun ini. Golden Gate merupakan pembangunan jembatan yang akan menjadi penghubung antara wilayah di Boyolali diantaranya jembatan Kridango Rp9 miliar, jembatan Susiloharjo Rp5,5 miliar dan jalan yang menghubungkan dua jembatan Rp10,6 miliar.

6.    Taman Sekelas GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Lahan seluas delapan hektare disiapkan untuk lahan pembangunan taman sekelas GWK yang ada di Bali, yang akan dibangun di Desa Paras, Cepogo , Boyolali. Proyek dengan dana sekitar Rp 40 miliar ini belum bisa direalisasikan pada tahun 2017 ini.

7.    Kebun Raya Indrokilo

Sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2016 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2019 mendatang. Pembangunan dilakukan bertahap karena membutuhkan anggaran.

8.    Kereta Gantung

Kereta gantung di tengah kota akan dibangun pada tahun 2018 dan sudah ada investor yang menawar dengan harga Rp80 miliar untuk pembangunan satu kilimeter jalur kereta gantung tersebut.

9.    Convention Hall

Berada di Ngebong Boyolali kota, convention hall atau balai pertemuan yang bernama Balai Sidang Mahesa dibangu pada 2015 dan trelah rampung pada 2016 lalu dengan dana sebesar Rp23 miliar.

10.    Disneyland Boyolali

Dan yang terakhir adalah pembangunan wahana wisata Disneyland Boyolali yang akan dimulai pada September tahun ini dan dengan anggaran dana Rp6 triliun dan diperkirakan akan selesai setelah dua tahun proses pembangunan.

Sumber : Pemberitaan Solopos (dni)



Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat. .. wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Disneyland Boyolali"

Post a Comment