Jembatan Kuning Penghubung Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan

Jembatan Kuning atau Yellow Bridge atau Jembatan Cinta


Pulau Bali
menjadi salah satu destinasi wisata yang sudah sangat terkenal di Indonesia maupun luar negeri. Meskipun ukurannya lebih kecil dibanding pulau pulau besar lainnya seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa maupun Papua namun Pulau Bali juga memiliki beberapa pulau kecil yang juga menyuguhkan berbagai pemandangan indah dan memiliki objek wisata yang wajib kita kunjungi, pulau-pulau kecil tersebut diantarannya pulau Nusa Lembongan, Nusa Penida, Ceningan dan Menjangan.

Jembatan Kuning Yellow Bridge Jembatan Cinta penghubung pulau Nusa Lembongan dengan pulau Ceningan Bali Indonesia Wisataarea.com
gambar flickr.com


Agar kita bisa mencapai pulau-pulau tersebut kita bisa menggunakan speed boat ataupun menggunakan perahu untuk menyeberang agar aman sampai pada tujuan yaitu pulau-pulau tersebut.
Salah satunya adalah pulau Nusa Lembongan yang menjadi salah satu destinasi wisata pulau-pulau kecil disekitar Pulau Bali itu sendiri, dari Pulau utama yaitu Pulau Bali hanya terletak sekitar 11km sebelah tenggara dari Pulau Bali dan dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan speed boat dalam waktu sekitar 30-45 menit. Salah satu landmark atau ikon pulau Nusa Lembongan adalah Jembatan Kuning Ceningan atau atau bahasa kerennya Yellow Bridge Ceningan.

Objek wisata Jembatan Kuning Nusa Lembongan – Jembatan Cinta - Yellow Bridge Ceningan

Hal yang tidak bisa luput dari sebuah pulau adalah pantai biru dengan hamparan pasir putihnya. Hal itu juga terdapat di Pulau Nusa Lembongan dan yang tidak kalah menarik lagi adalah pesona bawah lautnya yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menyelam. Namun selain keindahan pantai pasir putih dan dasar laut yang indah Pulau Nussa Lembongan juga memiliki ikonnya tersendiri yaitu Jembatan Kuning yang menghubungkan pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan. Meskipun Jembatan Kuning atau Yellow Bridge ini menghubungkan dua pulau jembatan ini hanya mampu untuk dilalui oleh kendaraan roda dua saja dan jumlah pengguna Jembatan Kuning juga dibatasi agar jembatan tetep aman dilalui. Jika ingin menggunakan sepeda motor kita bisa menyewanya disekitar dermaga.


Kunjungi Juga Wisata Pantai Parangtritis



Seperti jembatan pada umumnya hanya saja jembatan ini berwarna kuning sehingga terlihat sedikit mencolok daripada jembatan pada umumnya, jembatan dengan dengan lebar 1,5 meter dan panjang jembatan 100 meter dengan alas berupa papan kayu yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadikannya menarik. Dengan lebar 1,5 meter saja tentu mobil tidak dapat melaluinya, hanya kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda kayuh yang dapat melintasinya. Meskipun sudah berumur cukup tua Jembatan Kuning atau Yellow Bridge tetap memliki cirikhas tempo dulunya sendiri yang terlihat klasik sehingga banyak wisatawan yang akan mengunjungi Jembatan Kuning apabila mereka berkunjung ke Pulau Nusa Lembongan. Pulau dengan panjang sekitar 4.5 kilometer dan lebar 1,5 kilometer menjadikannya sangat mudah dijangkau dengan jalan kaki sehingga para wisatawan yang berkunjung akan menyempatkan untuk mengunjungi Jembatan Kuning atau Yellow Bridge yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan.
Jembatan Kuning atau Yellow Bridge ini semakin terkenal saja namanya lantaran banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan berfoto dan menguploadnya ke media sosial sehingga menjadi terkenal dan mudah untuk dilihat. Selain wisatawan domestik yang berkunjung juga banyak wisatawan manca negara yang mengunjungi Jembatan Kuning atau Yellow Bridge tersebut. Kenapa di sebut Yellow Bridge karena banyak wisatawan manca negara yang menggunakan bahasa Inggris menyebutnya demikian.


Baca Juga Jumlah Pulau di Indonesia
 

Kita dapat memanfaatkan momen berfoto saat senja hari karena dengan cuaca yang tidak terlalu panas juga cahaya matahari yang akan tenggelam akan lebih mengasankan dan indah tentunya.
Keberadaan Jembatan Kuning yang menghubungkan pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan, mempermudah anda untuk mengunjungi pulau seberang dengan kendaraan sepeda motor, walaupun keberadaannya Jembatan Kuning sudah termakan usia dan banyak yang sudah keropos, namun masih tetap menjadi tempat penyebrangan yang diminati karena lebih mudah daripada harus menggunakan kapal laut, sedangkan untuk menuju pulau Nusa Lembongan kita harus melalui transportasi laut, bisa dengan speed boat ataupun perahu tradisional dengan jarak tempuh lebih lama tentunya. Jika anda memiliki waktu lebih leluasa saat berlibur ke pulau Nusa Lembongan, cobalah menginap beberapa hari, sehingga anda bisa lebih leluasa menikmati berbagai objek wisata di pulau tersebut.

Jembatan Kuning atau Yellow Bridge tersambung kembali

Setelah 4 bulan masa pembangunan kembali Jembatan Kuning atau Yellow Bridge akhirnya penantian warga Nusa Lembongan dan Ceningan bahkan juga bagi para wisatawan, akhirnya jembatan Kuning atau jembatan Cinta ini tersambung kembali, pengerjaanya sudah rampung dan dipelaspas alit (diresmikan atau mohon ijin secara ritual keagamaan) pada tanggal 25 Februari 2017 bertepatan dengan hari Sabtu, Tilem sasih Kawulu.


Kunjungi Juga Wisata Batu Seribu


Jembatan Cinta atau Yellow Bridge atau Jembatan Kuning ini terlihat lebih kokoh karena menggunakan plat baja sebagai pengganti papan kayu, namun tetap seperti ciri khas sebelumnya dengan warna kuning yang mencolok dan unik. Dengan panjang dan lebar jembatan yang sedikit berubah, jika dulu panjangnya hanya 100 meter sekarang menjadi 140 meter dan lebarnya sekarang menjadi 1.8 meter lebih lebar dari sebelumnya yang hanya 1.5 meter. Bagaimana tertarik kan untuk menyempatkan berkunjung ke Jembatan Cinta atau Yellow Bridge Ceningan atau Jembatan Kuning Ceningan!

Objek wisata di pulau Nusa Lembongan

Selain Jembatan Kuning Nusa Lembongan atau Yellow Bridge Nusa Lemboongan atau Jembatan Cinta Nusa Lembongan, juga terdapat beberapa sestinasi wisata lainnya yang terdapat di Pulau Nusa Lembongan diantaranya adalah keindahan bawah laut yang dapat digunakan untuk diving atau snorkeling, serta sejumlah tempat lainnya seperti hutan bakau atau mangrove tour, Dream Beach, Rumah Goa Gala-Gala, sunset beach, Mushroom Bay dan juga Jungut Batu.
Untuk menuju pulau tersebut tersedia fast boat dari Bali ke Nusa Lembongan, baik itu dari dermaga Sanur, Kusamba dan juga Padang Bai, dengan jarak tempuh tidak begitu lama, berbeda jika kita melakukan penyebrangan ke Gili Trawangan butuh waktu di laut lebih lama karena jarak juga lebih jauh tentunya.


Baca Juga 40 Jenis Sate di Indonesia


Bali Tours Club memberikan tawaran lengkap untuk kebutuhan tour di Bali, sewa mobil sampai dengan mobil mewah dan bus pariwisata, termasuk juga tiket penyebrangan menuju Nusa Lembongan.

Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. .. wisataarea.com (:


Related Posts:

0 Response to "Jembatan Kuning Penghubung Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan"

Post a Comment