Hutan Monyet Sangeh Bali

Wisata Alam Hutan Monyet Sangeh Bali


Pulau Bali merupakan salah satu satu kepulauan di Indonesia yang  sudah sangat terkenal bagi wisatawa lokal dan bahkan amncanegara sekalipun pasti sudah kenal dengan Pulau Bali dan juga destinasi wisatanya yang berupa alam maupun kebudayaannya yang sudah sangat mendunia.

Ketika mendengar kata hutan monyet atau monkey forest pasti sebagian besar dari kita akan berfikir tentang Ubud. Memang tidak salah karena memang monkey forest di Ubud ini sudah sangat terkenal. Selain terdapat di Ubud di Pulau Bali juga terdapat  hutan monyet atau moinkey forest juga yaitu di kabupaten Badung terdapat hutan monyet yang juga sudah terkenal yang bernama Sangeh Bali Monkey Forest.

Lokasi Taman Wisata Alam Hutan Monyet Sangeh

Objek wisata Hutan Monyet Sangeh merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang tanamanannya di dominasi oleh pohon pala dan juga tentunya terdapat ratusan monyet yang menghuni hutan ini sehingga disebut  Wisata Alam Hutan Monyet Sangeh Bali.

Lokasi wisata alam hutan monyet sangeh bali terdapat pada Jalan Brahmana, desa Sangeh, kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung, Bali, Indonesia.


Kunjungi Juga Tampak Siring


Jika kita berangkat dari objek wisata Seminyak Bali, untuk mwenuju weisdata alam hutan monyet Sangeh akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Dan apabila kita berangkat dari arah objek wisata Ubud Bali, jaraknya akan lebih pendek atau hanya sekitar 18 kilometer dan dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Untuk memudahkan kita menuju lokasi kita bisa menggunakan jasa guide, atau bertanya pada masyarakat atau dengan menggunakan aplikasi yang mendukung pencarian lokasi seperti google maps atau waze.


gambar rentalmobilbali.net



Selain terkenal dengan hutan monyetnya, objek wisata sangeh juga terdapat pohon yang menjadi daya tarik tersendiri. Pohon Lanang Wadon namanya. Disebut pohon lanang wadon karena pohon pala ini batangnya menyerupai alat kelamin laki-laki dan alat kelamin perempuan. Sehingga dinamakan Pohon Lanang Wadon, yang mempunyai arti atau melambangkan pria dan wanita. Lanang – Pria dan Wadon – Wanita.


Kunjungi Juga Alas Kedaton


Terdapat juga dua pura yang berada di tengah-tengah hutan monyet sangeh ini yaitu Pura Bukit Sari yang luas dan pura yang lebih kecil bernama Pura Melanting. Warga sekitar sangat menyakralkan puradan juga para monyet yang menghuni area hutan Sangeh ini. Hal ini sangat berhubnungan erat dengan kepercayaan masyarakat sekitar dengan adanya cerita bahwa keberadaan Sangeh itu sebagai Duwe(milik) dari para Dewa Pura Bukit Sari.

Harga Tiket Masuk Hutan Monyet Sangeh Bali

Jika kita memutuskan untuk berkunjung ke tamana wisata alam sangeh, maka kita wajib untuk membeli dan membayar tiket masuk. Pemasukan dari tiket akan digunakan untuk pemeliharaan sarana dan prasarana, pemeliharaan satwa dan pemeliharaan kebersihan lingkungan sekitar kawasan hutan wisata alam hutan Sangeh.

Untuk harga tiket masuk wisata alam hutan lindung Sangeh pada tahun 2017 adalah Rp. 10.000 untuk wisatawan domestik atau dalam negeri dan Rp. 20.000 untuk wisatawan mancanegara atau luar negeri. Sedangkan untuk parkir kendaraan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 2.000 untuk parkir kendaraan motor.

Untuk saat ini tata ruang untuk objrk wisata alam hutan monyet Sangeh sudah sangat bagus dan rapi, dengan area parkir yang luas. Terdapat pula patung Rahwana pada area depan objek wisata alam hutan monyet Sangeh yang sedang diserang oleh puluhan monyet. Untuk desain Rahwana sendiri diambil dari kisah Ramayana yang sangat terkenal bagi masyarakat Pulau Bali pada khususnya. Dan disebelah kanan dan kiri patung Rahwana terdapat paatung singa bersama monyet kecil. Patung singa tersebut menggambarkan tetang raja hutan yang menyayangi seekor bayi minyet. Setelah kita tiba pada tengah-tengah hutan maka kita akan mendapati pohon pala dengan gerombolan monyet yang berada diatasnya.

Do and Don’t atau Hal-hal yang harus dihindari

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan apabila kita berkunjung ke objek wisata Hutan Monyet Sangeh diantaranya.

. Tidak menggunakan perhiasan seperti kalung dan anting-anting.
. Tidak menggunakan kaca mata.
. tidak mengganggu monyet


Aturan tersebut dilakukan bertujuan unruk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti monyet mengambil perhiasan dan atau barang bawaan kita.


Kunjungi Juga Tanah Lot Bali


Untuk memberi makan monyet di kawasan hutan wisata Sangeh sebaiknya kita menyiapkan beberapa makanan seperti pisang atau ketela yang dapat kita beli pada warung sekitar area parkir objek wisata Sangeh. Untuk pemandu kita dapat menemukannya dengan mudah di sekitar area Sangeh, dengan memakai pakaian adat Bali agar mudah dikenali oleh wisatawan yang berkunjung dan memanfaatkan jasa mereka sebagai tour guide atau pemandu wisata.

Obje wisata Monkey Forest sangat cocok untuk wisata keluarga bersama putra putri anda untuk mengenalkan satwa khususnya monyet dan mengenalkan hutan lindung. Selain itu juga kita dapat mengajarkan cara berinteraksi anakanak dengan monyet monyet tersebut.
Hal yang sering dilakukan apabila berkunjung ke objek wisata hutan monyet Sangeh tentunya berfoto dengan monyet dan memberi mereka makan, anda pasti ingin mencobanyakan, jangan ragu untuk berkunjung.

Selain Wisata Hutan Monyet atau Monkey Forest di pulau Bali juga memiliki beberapa area wisata yang menyuguhkan kera sebagai objek wisatanya yaitu ;

. Pura Uluwatu
. Monkey Forest Ubud
. Pura Pulaki
. Alas Kedaton



Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. Jangan Lupa Buanglah Sampah Pada Tempatnya!!! wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Hutan Monyet Sangeh Bali"

Post a Comment