Museum Agung Rai Bali

ARMA atau Agung Rai Museum of Art

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali, yaitu sebuah pulau di negara Indonesia yang sudah sangat terkenal hingga mancanegara akan keindahan alam, karya seni dan budayanya. Baiklah kali ini kita akan mengulas tentang salah satu museum yang berada di Pulau Bali yaitu Agung Rai Museum of Art atau sering disebut atau disingkat dengan ARMA. Sebenarnya apa sih museum itu? Hehe

Baiklah mari kita lihat terlebih dahulu apa pengertian dari museum itu sendiri sebelum mengulas tentang Agung Rai Museum of Art ARMA. Pasti yang sering terlintas dalam pikiran kita jika museum itu adalah suatu tempat yang menyimpan atau memamerkan barang barang sejarah bukan? Namun Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu “gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno.”

Menurut pengertian museum dari Kamus Besar Bahasa Indonesia di atas jadi bisa diambil kesimpulan bahwa tiap-tiap museum pasti memiliki karakteristik tersendiri. Begitu pula pula dengan Museum Agung Rai yang berada di Pulau Bali ini. Tiap-tiap museum dengan karakteristiknya yang berbeda-beda ini bisa dijadikan sebagai lokasi yang tepat untuk melihat tradisi, budaya, dan sosial masa lalu dari sebuah bangsa.  Dari segi itu kita menjadi mampu mengenali bangsa kita sendiri.


Kunjungi Juga Wisata Tampak Siring


Ada banyak pesona dari Pulau Bali, mulai pemikiran dan  tradisi kultural masyarakatnya yang kuat menjadikan Bali dikenal masyarakat luas bahkan hingga mancanegara juga sangat tertarik untuk mengunjunginya. Keunikan seni, banyaknya pura, keeindahan bentang alamnya terekam secara apik dalam beberapa koleksi di Museum Agung Rai Arma (ARMA). Memang sih setiap koleksi dari sebuah museum tidak selalau bisa dijadikan sebuah representasi secara keseleruhan tentang sebuah wilayah dan karakteristik penghuninya. Namun, setiap koleksi yag terdapat dalam sebuah museum bisa dijadikan sebagai gambaran adat tradisi kultural masyarakat setempat pada suatu masa dan bahkan hingga masa ke masa. Jika kita mau belajar dari masa lalu pada koleksi-koleksi yang tersimpan di setiap museum dapat memberikan pembelajaran yang kita butuhkan agar kita bisa menilai dan memiliki pandangan yang luas.

museum agung rai bali atau agung rai museum of art bali atau ARMA
sumber rentalmobilbali.net


Museum Agung Rai Arma atau disingkat ARMA di Pulau Bali ini menyimpan dan menampilkan karya yang berupa lukisan-lukisan unik serta fantastis. Koleksi-koleksi tersebut terus berkembang karena didukung oleh pelukis-pelukis muda sehingga museum ini menjadi salah satu rujukan untuk melihat perkembangan kesenian di Pulau Bali dari satu masa ke masa yang lain. Tidak hanya itu saja, koleksi-koleksi yang dipamerkan di Agung Rai Museum of Art Bali ini juga bisa menjadi sebuah cermin untuk menyaksikan kondisi kultural para pelukis muda saat ini. Kondisi itu juga bisa dilihat dari Museum Agung Rai atau ARMA yang membuka kesempatan bagi para pelukis muda untuk mengadakan pameran di galerinya secara bergantian.


Kunjungi Juga Taman Saraswati Ubud


Sebagai salah satu museum terbaik di Bali, Museum Agung Rai atau ARMA juga menyimpan dan menampilkan lukisan-lukisan dari karya-karya para seniman  dalam negeri sampai ke manca negara. Dengan diadakanya pameran secara bergantian, tanpa disadari, Museum Agung Rai ARMA ini juga telah menunjukkan beberapa lukisan para pelukis muda yang berpotensi dan itu dapat membantu perkembangan karir mereka.

Museum Agung Rai atau ARMA berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektar. Ketika sudah selesai dibangun, museum ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Wardiman Djojonegoro pada tanggal 9 Juni tahun 1996. Sampai sekarang museum ini masih dikelola langsung oleh yayasan ARMA (Agung Rai Museum of Art) yang berdiri pada tanggal 13 Mei tahun 1996.


Kunjungi Juga Monkey Forest Ubud Bali


Ketika kita mengunjungi Museum Agung Rai sambil membawa buku dan ingina duduk santai sambil menikmati isi buku bacaan yang kita bawa tadi, di Museum Agung Rai ARMA menyediakan ruang khusus seperti perpustakaan dan ruang baca yang bisa kita manfaatkan untuk bersantai dengan buku yang kita bawa tadi. Agung Rai Museum of Art ARMA Bali  ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung lain seperti toko buku, resort hotel, ruang konferensi, panggung hiburan, restoran, kafe, toilet, serta tempat parkit yang luas.

Lokasi Museum Agung Rai ARMA Bali

Museum Agung Rai terletak di Pangosekan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 23 km dari pusat Ibu Kota Bali yaitu Denpasar. kita bisa tiba di Museum Agung Rai Bali ini dari Denpasar dalam waktu kurang lebih 35 menit. Kondisi jalan menuju lokasinya naik turun, namun kita tetap  bisa menikmati pemandangan sekitar jalan menuju museum yang terasa sejuk dan segar.

Harga Tiket Masuk Agung Rai Museum of Art Bali

Museum ini dikenal juga dengan nama ARMA Museum Ubud. Untuk tiket masuk jika kita ingin menikmati Museum Agung Rai ARMA adalah sebesar Rp 50.000,-. Biaya tersebut sudah termasuk segelas minuman teh atau kopi yang bisa kita nikmati di salah satu cafe di sana. Enak ya gratisan? Hehe

*harga dapat berubah sewaktuwaktu, untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi lokasi Museum Agung Rai langsung.


Jam buka museum Agung Rai Bali adalah mulai Pukul 09.00—18.00 WITA setiap hari.



Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. Jangan Lupa Buanglah Sampah Pada Tempatnya!!! wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Museum Agung Rai Bali"

Post a Comment