Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Pura Taman Saraswati Ubud

Pulau Bali merupakan salah  satu dari ribuan kepulauan di Indonesia yang  sudah sangat terkenal bagi wisatawan lokal dan bahkan mancanegara sekalipun pasti sudah kenal dengan Pulau Bali dan juga berbagai macam destinasi wisatanya yang berupa wisata alam, kebudayaan, kuliner, religi, belanja dan lain sebagainya  yang sudah sangat mendunia.

Pulau Bali dikenal juga dengan nama Pulau Dewata, Pulau Bali sering disebut dengan Pulau Dewata  karena diangap memiliki banyak Dewa, dan Pulau Bali dikenal juga dengan nama Pulau Seribu Pura. Di Pulau Bali kita juga akan banyak menemukan banyak sekali lokasi pura – pura itu berada dimana saja.

Sebagai contohnya adalah ketika kita berkunjung ke  di Pantai Tanah Lot, maka di sana kita akan menemukan pura yang berada di tangah pulau di tepi pantai ysng mrnjulsng tinggi di atas karang. Selain Tanah Lot ketika kita sedang liburan ke Pulau Bali kita juga  mengunjungi beberapa pantai seperti Pantai Tegal Wangi, Crystal Bay Beach Nusa Penida, pasti kita akan menemukan Pura di sana.
Pura adalah merupakan tempat suci sekaligus menjadi tempat peribadahan umat hindu di pulau Bali, salah satunya Pura Taman Saraswati Ubud ini.

Ubud merupakan sebuah kecamatan yang berlokasi  di Kabupaten Gianyar, pesona wisatanya sudah tidak diragukan dan tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Pulau Bali seperti Tempat Wisata di Badung dan juga Tempat Wisata di Seminyak.
Area wisata di daerah Ubud  Bali sama seperti dengan kawasan sekitar Pantai Nusa Dua Bali, di sini juga terdapat dan  banyak tersedia fasilitas Hotel Bintang lima hingga hotel melati yang murah.
Ubud memang tidak menawarkan pesona tempat wisata alam pantai di Bali yang indah seperti tempat-tempat  yang lainnya, namun Ubud menawarkan pesona keindahan alam dan budaya di Pulau Bali selain Pantai yang juga tidak kalah menariknya. Wisata Ubud menawarkan pesona keindahan wisata alam seperti pesawahan, hutan, tebing dan jurang serta wisata arung jeram di sungainya.

Dan jangan lupa Ubud sangat terkenal sebagai sebuah daerah di Bali yang sangat terkenal dengan wisata seni dan budayanya. Nah salah satu tempat yang biasa digunakan sebagai tempat atraksi seni dan budaya di Bali yang paling terkenal adalah Pura Taman Saraswati Ubud.

gambar pura taman saraswati ubud bali wisataarea.com
gambar rentalmobilbali.net


Wisata Pura Taman Saraswati Ubud Bali, tentunya sudah tidak asing dengan nama Ubud Bali,. Sebagian besar wisatawan baik lokal maupun mancanegara pasti akan menjadikan daerah Ubud Bali sebagai salah satu destinasi wisatanya etika berkinjung ke Pulau Bali, selain banyak terdapat destinasi wisata disana juga terdapat akomodasi hotel sebagai tempat menginap mulai dari hotel bintang lima sampai hotel sekelas melati tersedia di daerah Ubud. Meskipun sebagian kawasan disana memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari kawasan selainnya, tapi hal tersebut akan terbayar dengan bergagai suguhan wisatanya.  Salah satu wisata yang terkenal disana adalah wisata seni dan budaya yang diselenggarakan di Ubud yaitu pementasan Tari Kecak Bali.

Terdapat banyak destinasi wisata di Ubud diantaranya daftar Museum di Ubud Bali seperti Museum Puri Lukisan, Neka Art Museum, Agung Rai Museum Of Art (ARMA) dan Don Antonio Blanco Museum, Dan objek wisata di Ubud lainnya seperti Monkey Forest Ubud. Dan juga wisata Aventure Ayung Rafting Ubud dan wisata sejarah Goa Gajah dan Bukit Campuhan dan banyak yang lainnya.
Daerah Ubud merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan tari Kecak di Bali,selain yang terdapat dipentaskan di Uluwatu Bali. Dan tempat yang sering digunakan untuk pementasandi Ubud ini adalah di Pura Taman Saraswati Ubud



Kunjungi Juga Musium Agung Rai ARMA



Namun disini kami tidak akan mengulas Tari Kecak khas Bali tapi tempat dimana tarian tersebut sering dipentaskan yaitu Pura Taman Saraswati Ubud. Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa  tempat suci dan beribadah bagi masyarakat beragama Hindu. Seperti namanya Pura Taman Saraswati yang berarti tempat pemujaan Dewi Saraswati ( Dewi Pengetahuan). Lokasi Pura Taman Saraswati ini berada di jalan raya Ubud. Pura Taman Saraswati yang berada di Ubud Bali ini memang terlihat sedikit berbeda dari kebanyakan pura – pura pada umumnya. Karena pura ini memiliki kolam yang terdapat banyak tanaman teratai yang berada di dalam kolamnya yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjunjungi pura Saraswati di Ubud ini. Di daerah wisata ini pula terdapat banyak ukiran khas Ubud Bali karena disini terdapat banyak seniman ukir dan setiap ukiran pura di Ubud ini adalah hasil karya para seniman ukir disana.

Pura Kolam Bunga Teratai

Disebut Pura Kolam Bunga Teratai karena pura ini dikeilingi oleh kolam dimana di dalam kolam tersebut. Namun sebelum kita mengunjungi Wisata Pura Taman Saraswati sebaiknya kita mengetahui jadwal diadakannya Tari Kecak, karena tidak setiap hari pertunjukkan Tari Kecak tidak dilaksanakan di Pura Taman Saraswati Ubud Bali setiap hari.
Jadwal Pementasan Tari Kecak Di Pura Taman Saraswati Ubud Bali adalah hari selasa dan hari kamis, mulai pertunjukan jam 19:30, dengan harga tiket Rp 75.000 per orang. Pertunjukan tarian kecak di bawakan oleh group tari Sandhi Suara.
Namun bagi kita yang berkunjung ke Ubud tidak pada hari Selasa dan hari Kamis kita tidak perlu khawatir karena pertunjukkan Tari Kecak diadakan setiap hari hanya saja tempat pertunjukannya yang berbeda-beda tiap harinya.

Pembuat Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati di Ubud Bali dibangun oleh seorang maestro atau seniman asal Ubud yang sangat terkenal yaitu I Gusti Nyoman Lempad.
Pura Saraswati dibangun atas perintah langsung dari pangeran Ubud dan lokasi tepat berada di belakang Cafe Lotus di Ubud. Pura Taman Saraswati Ubud digunakan sebagai tempat pemujuaan umat hindu Bali kepada dewi ilmu pengetahuan dan seni, Dewi Saraswati.



Kunjungi Juga Tampak Siring




Waktu Perayaan Hari Saraswati

Waktu perayaan Hari Saraswati sendiri jatuh pada setiap hari Saniscara (Sabtu) Umanis (Legi) dan wuku Watugunung. Perayaannya dilakukan setiap 210 hari (atau 7 bulan menurut kalender Bali), sebagai penghormatan kepada dewi ilmu pengetahuan dan seni. Pada waktu tersebut maka Pura Taman Saraswati Ubud Bali ini akan banyak dipenuhi oleh warga bali yang beragam Hindu.
Beraneka ragam kegiatan peribadatan akan di lakukan di Pura Sarawasti ini, dan salah satu media ritualnya menggunakan bunga gemitir dari Ladang Bunga Marigold.
Mereka mengucapkan rasa syukur dan terima kasih agar senantiasa dituntun dan diberkahi ilmu pengetahuan dan seni yang mereka miliki. Para penganut ajaran Wedanta sangat meyakini bahwa kemampuan mereka dalam menguasai ilmu pengetahuan dan seni, adalah merupakan jalan untuk mencapai moksa, pembebasan dari kelahiran kembali.

Daya Tarik Wisata Pura Taman Saraswati Ubud

Jika kita mengujungi suatu tempat tentunya kita akan mencari tahu apakah daya tarik dari lokasi yang akan kita kunjungi. Sekarang mari kita cari tahu, daya tarik daya tarik dari wisata Pura Taman Sari Ubud.

1.    Pura di Bali yang Cantik

Hal yang akan kita lihat ketika pertama kali mengunjungi Taman Saraswati adalah sebuah pura yang cantik dan indah. Dengan design interior dan eksterior Pura Taman Saraswati yang sangat indah dan catik, baik design interior nya maupun bagian luar pura nya.
Pura Taman Saraswati di Ubud Bali ini benar – benar merupakan salah satu maha karya seni maestro I Gusti Nyoman Lempad yang sangat cantik dan luar biasa.
Di sini kita bisa melihat banyak hasil karya seni ukir para seniman bali yang terdapat di bagian – bagian pura taman saraswati ini. Di taman ini juga terdapat patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun di tengah kawasan pura saraswati , termasuk juga adanya patung Jero Gede Mecaling.
Banyak pengunjung yang tertarik dengan keindahan bangunan pura ini, kemudian mereka pun mengabadikannya dengan cara berfoto atau mengambil videonya.

2.    Pura Kolam Bunga Teratai

Selain pura di Taman Saraswati ini juga terdapat kolam yang terdapat banyak tanaman bungai teratai yang menghiasinya sehingga menambah keindahan dan kecantikannya.  Keberadaan Kolam Bunga teratai ini semakin mempercantik wajah pura saraswati yang begitu elok bagunannya ddengan terdapat seni ukirannya.
Dan keindahan serta suasana yang diciptakannya akan membuat setiap pengunjung yang datang ke sini merasakan aura spiritual yang kuat sekali.



Kunjungi Juga Tanah Lot Bali


.

Aktifitas di Pura Taman Saraswati

1.    Menikmati Suasana Kawasan Pura

Adanya kolam dengan hiasan tanaman teratai di atasnya menjadikan suasana disini menjadi tenang dan damai. Banyak wisatawan yang mengunjungi Taman Pura Saraswati ini pada waktu sore hari setelah berkeliling pulau Bali. Tempat yang tenang ini bisa kita gunaan untuk bersinggah sejenak sebelum melanjutkan untuk destinasi sellanjutnya atau langsung menuju penginapan untuk beristirahat.

2.    Menonton Pertunjukkan Tari Kecak

Selain di objek wisata Batubulan dan Garuda Wisnu Kencana atau GWK di Bali kita juga bisa menyaksikannya di Pura Taman Saraswati terntunya. Di Pura Taman Saraswati ini pertunjukkan tari kecak dilakukan di lokasi pelataran yang di kelilingi oleh kolam bunga teratai.
Sebenernya apa sih Tari Kecak itu? Baiklah mari kita singgung sedikit tentang apa itu tari Kecak Bali. Tari Kecak adalah sebuah tari tradisional dari Pulau Bali yang dimainkan oleh kaum pria yang alur ceritanya menceritakan tentang kisah Ramayana. Tarian yang dilakukan oleh banyak orang dan penarinya memakai kain khas kotak-kota hitam putih seperti papan catur. Kemudian para penarinya duduk berbaris secara melingkar dan dengan irama tertentu sambil menyuarakan “cak” sambil mengangkat kedua tangan mereka.

Tari Kecak sendiri mengisahkan cerita Rama dan pasukan kera ketika melawan Rahwana dalam cerita Ramayana. Tari kecak merupakan sebuah ritual sanghyang, dimana para penari berkomunikasi dengan tuhan atau para roh leluhur mereka.
Menariknya. saat upacara berlangsung, sepanjang pelaksanaan tari Kecak, para penari tersebut tidak dalam keadaan sadar.



Kunjungi Juga Monkey Forest Ubud Bali



Pencipta Tarian Kecak Bali

Apakah Tari Kecak merupaka warisan nenek moyang masyarakat Bali? Jawabannya adalah bukan. Karena Tari Kecak merupakan ciptaan dari Wayan Limbak dengan seorang seniman lukis Jerman yaitu Walter Spies  pada tahun 1930 – an. Semua gerakan falam Tari Kecak diambil dari tradisi sanghyang dan cerita Ramayana. Tari kecak dapat menjadi sangat populer  hingga ke luar negeri adaah karena Wayan Limbak melakukan tour keliling dunia untuk mengenalkan Tari Kecak bersama dengan rombingan penari balinya. Kita bisa menyaksikan Tari Kecak dari dekat dan merasakan suasana mistisnya dari Pura Taman Saraswati ini dengan dukungan seting lokasi di kelilingi kolam teratai. Jika kita ingin menyaksikan keindahan dan kemistisan Tari kecak di Pura Taman Saraswati maka kita harus tau jadwalnya, karean pertunjukkan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati tidak setiap hari dilakukan pementasan.

Jadwal Pertunjukan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud

Pertunjukkan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati hanya dilakukan pada hari Selasa, Kamis dan hari Minggu saja dan dipentaskan secara reguler pada tanggal 19 – 30 setiap bulannya.
Waktu pertunjukannya sendiri dimulai sekitar pukul 19.30 hingga selesai, dan dibawakan oleh group kecak Sandhi Suara.

Harga Tiket Atraksi Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Untuk bisa menikmati dan menyaksikan pertujukkan Tari kecak di Pura Taman Saraswati Ubud Bali kita akan dikenakan biaya Rp. 75.000/orang.

Harga Tiket Masuk Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Kebanyakan tempat wisata di Pulau Bali pada umumnya tidak memungut biaya masuk atau gratis. Ini hanya kebanyakan loh jadi jangan kira semuanya gratis hehe.

Waktu Buka Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Waktu operasional Pura Taman Saraswati bagi kunjungan wisatawan adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Alamat Pura Taman Saraswati di Ubud Bali

Jalan Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Rute Menuju Pura Taman Saraswati di Ubud Bali

Untuk menuju Pura Taman Saraswati kita bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi, baik menggunakan kendaraan pribadi, sewa atau rental mobil dengan sopirnya sekalian atau motor, taksi juga ada ataupun alat transportasi online seperti Grab

Lokasi tempat wisata di Ubud Bali ini berjarak sekitar 37.4 KM dari arah bandar udara ngurah rai ( waktu tempuh berkendara sekitar 1 Jam 28 menit )

Rute Jalan dari ngurah rai airport menuju pura taman saraswati bisa menggunakan rute jalan sebagai berikut ;
Dari bandara, arahkan kendaraan anda menuju Jl. Airport Ngurah Rai,
Kemudian anda ambil arah jalan menuju Jl. Nusa Dua – Bandara Ngurah Rai – Benoa Toll Road/Mandara Toll Road,
Selanjutnya menuju ke Jl. Raya Pelabuhan Benoa – Jl. By Pass Ngurah Rai, – Jl. Raya Batubulan – Jl. A.A. Gede Rai ke – Jl. Kajeng di Ubud.
Dari titik keberangkatan anda lainnya di Bali, silahkan anda bisa lihat di peta/map Pura Taman Saraswati Ubud Bali. Kita bisa mengunakan aplikasi Waze atau google maps yangdapat di download di Playstore bagi yang menggunakan android phone.

Tips Ketika berkunjung ke Wisata ke Pura Taman Saraswati Ubud Bali

Aada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika hendak berwisata kesuatu kawasan yang dianggap sakral yang salah satunya berupa Pura yang disucikan Ubud Bali ini adalah Pura Taman Saraswati salah satunya. Setiap pengunjung yang akan memasuki area Pura Taman Saraswati wajib menggunakan selempang dan sarung di sekitar pinggang.


Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. Jangan Lupa Buanglah Sampah Pada Tempatnya!!! wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Pura Taman Saraswati Ubud Bali"

Post a Comment