Tampak Siring Bali

Tampak Siring Bali, Pura Tirta Empul dan Istana Presiden


Tampak Siring Bali, nama tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kita, Tampak Siring memang terkenal sebaggai salah satu istana kepresidenan Republik Indonesia yang berada di Pulau Bali yang beralamat di Jalan Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
. Namun selain terkenal sebagai salah satu Istana Keprisidenan Republik Indonesia Tampak Siring juga memiliki tempat wisata yang wajib untuk dikinjungi yaitu Objek Wisata Pura Tirta Empul. Tampak Siring sebebarnya adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Gianyar Provinsi Bali, luas dari wilayah kecamatan Tampak Siring kurang lebih 42,63 kilometer persegi. Jika kita berangkat dari bandara internasional Ngurah Rai Denpasar, maka kita membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih satu jam lima belas menit, untuk sampai ketempat ini dengan menggunakan kendaraan mobil. Tampak Siring memang bagi warga Indonesia dikenal dengan Istana Kepresidenannya, namun dikalangan wisatawan yang lebih terkenal dan dikenal sebagai sebuah pura yang bernama Tirta Empul.


istana presiden tampak siring bali indonesia wisataarea.com
gambar rentalmobilbali.net


Pura yang terletak di Kecamatan Tampak iring Bali ini bernama Tirta Empul. Pura Tirta Empul sudah sangat terkenal dan sudah banyak juga para wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjunginya terutama pada waktu-waktu liburan tiba atau akhir pekan. Hal ini sudah seperti hal yang wajib dilakukan apabila kita berkunjung ke Tampak Siring selain berkinjung ke Istana Kepresidenan Republik Indonesia juga mrngunjungi Pura Tirta Empul ini. Pada Pura Tirta Empul ini terdapat mata air yang digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu untuk pemandian dan permohona tirta suci.

tirta empul tampak siring bali indonesia wisataarea.com
gambar telusurindonesia.com


Kunjungi Juga Wisata Tanah Lot Bali


Pada jalur wisata di Pulau Bali, Tampak Siring memang sering digunakan sebagai jalur atau rute singgah bagi para wisatawan yang telah atau akan erkunjung ke daerah Ubud Bali, seperti objek wisata sawah terasiring, tegalalang, atau para wisatawan yang telah berkunjung dari tempat wisata Kintamani yang akan menuju ke kawasan wisata Bali Selatan pada umumnya. Namun terserah juga
bagi para wisatawan untuk menentukan rute dan destinasi yang akan kita kunjungi.

pura tirta empul tampak siring bali indonesia wisataarea.com
gambar rentalmobilbali.net

Sejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring

Nama Tampak Siring berasal dari kata “Tampak” yang berarti “telapak” dan “Siring” yang berarti “miring”. Telapak yang dimaksud dalam Tampak Siring ini menurut cerita adalah merupakan sebuah telapak tangan dari seorang raja yang bernama Mayadenawa.

Raja Mayadenawa diceritakan adalah seorang Raja yang sakti, namun memiliki sifat jahat dan beranggapan bahwa dirinya adalah seorang dewa. Karena Raja Mayadenawa memiliki sifat yang jahat, maka Dewa Indra mengirimkan pasukannya untuk menghancurkan Raja Mayadenawa. Setelah Raja Mayadenawa mengalami pertarungan yang sangat sengit melawwan Dewa Indra dan kemudian Raja Mayadenawa lari kehutan. Untuk menghilangkan jejak dari pengejaran Dewa Indra, Raja Mayadenawa berjalan di tengah hutan dengan memiringkan kakinya agar tidak diketahui jejaknya agar Dewa Indra tidak bisa mengikutinya.
Walaupun Raja Mayadenawa sudah berusaha menghilangkan jejaknya agar tidak dapat diikuti oleh Dewa Indra dan pasukannya, namun usahanya untuk melarikan diri tanpa jejak gagal. Sebelu Raja Mayadenawa dapat ditangkap oleh pasukan Dewa Indra, Raja Mayadenawa masih sempat menciptakan sumber mata air beracun supaya diminum oleh pasukan Dewa Indra yang lelah mengejar raja tersebut. Sebagian pasukan Dewa Indra terjebak oleh jebakan mata air beracun yang dibuat oleh Raja Mayadenawa, sehingga sebagian pasukan tersebut mati karena maminum air dari mata air beracun yang di buat oleh Raja Mayadenawa yang jahat. Sebagian pasukan Dewa Indra lainnya masih hidup dan melanjutkan pengejaran Raja Mayadenawa.
Untuk mengatasi mata air beracun yang diciptakan oleh Raja Mayadenawa yang jahat maka Dewa Indra juga mencipakan mata air untuk menawarkan racun dari mata air  beracun Raja Mayadenawa tersebut, mata air yang diciptakan oleh Dewa Indra disebut dengan Tirta Empul atau yang berarti (air suci). Maka dari cerita tersebut Pura yang memiliki mata air terebut diberi nama Pura Tirta Empul dan hutan yang digunakan oleh Raja Mayadenawa lari dengan kaki yang miring agar jejaknya tidak dapat diketahui oleh Dewa Indra beserta pasukannya disebut dengan kawasan wisata Tampak Siring.


Istana Kepresiden Reoublik Indonesia Tapak Siring Bali

Selain terdapat Pura Tirta Empul di Tampak Siring ini juga dibangun istana kepresidenan Republik Indonesia  pada tahun 1957 – 1960 oleh presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno yang digunakan sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke pulau Bali.
Proses pembangunan istana kepresidenan Tampak Siring dilaksanakan dengan beberapa tahap dengan perlahan-lahan. Sebagai arsitek yang dipercayakan untuk membangun istana kepresidenan Tampak Siring Bali ini adalah RM Soedarsono. Pada awal pembangunan yang dipimpin oleh RM Soedarsono adalah dengan membangun wisma Merdeka dan Wisma Yudistira yang dimulai pada tahun 1957.
Pada tahun 2003 Istana Kepresidenan Tampak Siring Bali mengalami penambahan bangunan untuk menunjang KTT ASEAN Summit XIV. KTT (Konferensi Tingkat Tinggi), ASEAN (Asociation South East Asia Nation / Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara) yang ke XIV(14). Bangunan yang ditambahkan pada Istana Tampak Siring adalah bangunan untuk sarana konferensi dan resepsi tamu negara. Dan Juga Balai Wantilan yang berada di Istana Tampak Siring juga mengalami renovasi untuk acara perunjukkan kesenia tamu negara – negara anggota KTT ASEAN Summit XIV tersebut.
Tujuan utama dibangunnya Istana Tampak Siring ini adalah sebagai tempat presiden Republik Indonesia, keluarga presiden dan tamu  negara untuk beristirahat saat berkunjung ke Pulau Bali.


Kunjungi Juga Yellow Bridge Ceningan


Cara Menuju Tampak Siring Bali

Jika kita liburan ke Pulau Bali jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan wisata Pura Tirta Empul dan berkunjung ke Istana Kepresidenan Republik Indonesia di Tampak Siring. Dengan mengunjungi objek – objek tersebut tentunya akan menambah pengalaman kita untuk diceritakan dan sebagai referensi destinasi wisata ke[ada kerabat aatau keluarga yang akan mengunjungi Pulau Bali.
Jika kita tidak membawa kendaraan pribadi atau bus untuk menuju ke objek wisata Pura Empul dan Istana Kepresidenan belum terdapat sarana transportasi umum untuk menuju ke lokasi wisata Tirta Empul dan Istana Presiden tersebut. Jika kita berada atau menginap di Ubud Bali, menggunakan sarana trasnport taksi adalah yang dapat dimanfaatkan. Namun jika ingin mengunjungin beberapa tempat di Pulau Bali sekaligus lebih baik mengunakan jasa sewa mobil dan sopir untuk membawa kita ke beberapa destinasi sekaligus dan dengan biaya lebih murah tentunya Selain itu juga tidak perlu khawatir untuk parkir, tiket masuk, biaya bahan bakar kendaraan dan makan dengan membeli paket tour.


sawah terasiring pura tirta empul tampak siring bali indonesia wisataarea.com
gambar wikipedia.com


Terimakasih atas kunjungannya. .. Selamat berwisata dan Jangan Lupa Buang Sampah Pada Tempatnya!
wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Tampak Siring Bali"

Post a Comment