Museum Puri Lukisan Ubud Bali

Museum Puri Lukisan Ubud Bali Indonesia


Museum Puri Ubud Bali, area wisata Ubud Bali sudah sangat terkenal bagi wisatawan lokal sampai ke mancanegara. Ada  banyak hal menarik dari daerah Ubud yang menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya, dan ada banyak hal juga yang dapat kita lakukan di tempat wisata Ubud Bali. Salah satu tempat menarik di Ubud Bali, yang banyak mendapat kunjungan dari wisatawan adalah Museum Puri Lukisan Ubud Bali.

Pulau Bali merupakan salah  satu dari ribuan kepulauan di Indonesia yang  sangat terkenal bagi wisatawan lokal dan bahkan mancanegara sekalipun pasti sudah tau dengan Pulau Bali dan juga berbagai macam destinasi wisatanya yang berupa wisata alam, wisata kebudayaan, wisata kuliner,wisata religi, wisata belanja dan lain sebagainya  yang sudah sangat mendunia.

Museum Puri Lukisan Ubud Bali Indonesia jam buka
Museum Puri Lukisan


Siapa yang tak mengenal Pulau Bali, pulau dengan sejuta wisata dan merupakan sumbernya keindahan yang sangat terkenal tidak hanya dalam negeri namun juga sampai ke mancanegara.  Objek wisata yang terkenal dan banyak terkenal adalah berupa wisata alam pantai seperti pantai Kuta atau Sanur dan kebudayaan seperti tari Kecak contohnya. Namun selain dari objek wisata tersebut Pulau Bali masih banyak memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi dan salah satunya adalah Wisata Museum Puri Lukisan di Ubud Bali Indonesia. Museum Puri Lukisan Ubud Bali merupakan bukti bahwa keindahan Bali tak hanya terletak pada alamnya yang menawan dan asri. Selain Museum Puri Lukisan di Ubud Bali juga terdapat beberapa museum lainnya seperti Agung Rai Museum atau ARMA, Museum Neka dan Museum Blanco.
 

Kunjungi Juga Agung Rai Museum of Art ARMA


Museum Puri Lukisan Ubud Bali Indonesia, merupakan salah satu museum tertua yang ada di Pulau Bali, museum ini lebih mengkhususkan hasil karya seni lukis Bali traditional dan modern, serta seni ukir dan khusunya ke ukiran kayu.

Jika kita menyukai seni lukis traditional Bali dan menyukai seni ukiran kayu, maka museum Puri Lukisan salah satu yang dapat kami rekomendasikan untuk di kunjungi saat berwisata ke Pulau Bali.

Temukan gaya unik seni lukis Bali di museum seni tertua di pulau ini yaitu museum Puri Lukisan Ubud, yang dibangun oleh pelukis Belanda dan mantan pangeran Ubud.

Terletak di antara taman tropis di tengah Ubud Pulau Bali, Museum Puri Lukisan adalah museum seni tertua di Bali. Museum ini memiliki koleksi lukisan Bali tradisional, ukiran kayu, dan karya seni Bali kontemporer yang menawan. Puri Lukisan bermakna "istana lukisan".

Sebagian besar karya di museum ini difokuskan pada seni, budaya, dan sejarah pulau Bali. Museum ini juga memamerkan karya para ekspatriat Eropa, termasuk Walter Spies dari Jerman dan Rudolf Bonnet dari Belanda.

Pada tahun 1936, Bonnet mendirikan Pita Maha, sebuah koperasi untuk mendukung perkembangan seniman Bali. Dengan bantuan pangeran Ubud Tjokorda Gede Agung Sukawati, Bonnet membentuk Museum Puri Lukisan pada tahun 1954. Bonnet menjadi kurator pertama museum ini. Keduanya meninggal pada tahun 1978, namun peninggalannya abadi.


Kunjungi Juga Museum Neka Ubud Bali


Kunjungi galeri asli museum, bernama Pitamaha, untuk melihat lukisan karya seniman Eropa berpengaruh yang tinggal di Bali dan para muridnya. I Gusti Nyoman Lempad adalah salah satunya; ia melukis mural di bagian luar, sebuah replika penggambaran asli persawahan setempat.

Di galeri lain, jelajahi seni Bali pasca-Perang Dunia II dan lihat contoh-contoh gaya Kamasan klasik, yang berasal dari Jawa. Ada juga koleksi karya yang berfokus pada adegan dan pemandangan Bali tradisional. Saksikan karya seni pahat di seluruh areal.

Luangkan beberapa jam di kompleks ini, yang memiliki toko buku, toko oleh-oleh, dan bale (kedai kopi) untuk menikmati penganan. Museum ini juga mengadakan tur terpandu, pameran, dan lokakarya, yang meliputi melukis, menari, musik, ukir, dan batik. Periksa situs web museum untuk mengetahui tarif dan programnya.


Kunjungi Juga Monkey Forest Ubud



Museum Puri Lukisan terletak di sepanjang jalan utama Ubud. Parkir tersedia secara gratis. Museum ini buka setiap hari, kecuali libur umum. Dikenakan sedikit ongkos masuk bagi pengunjung 15 tahun ke atas. Kamera dengan lampu kilat dan tripod dilarang. Sebagian besar karya seni memiliki petunjuk dalam bahasa Inggris untuk memudahkan bagi wisatawan yang kebanyakan mancanegara.

Lokasi Museum Puri Lukisan Ubud

Ketika ingin berkunjung ke suatu tempat pasti hal pertama yang akan kita lakukan adalah mencari tau dimana lokasi wisata tersebut berada. Lokasi museum Puri Lukisan Ubud berada di Jalan Raya Ubud yang dimana lokasinya sangat dekat dengan pasar seni Ubud dengan jarak hanya sekitar 300 meter ke arah barat. Atau kita bisa melihatnya melalui peta di Peta Lokasi Puri Lukisan Ubud.

Waktu Buka dan Harga Tiket Masuk Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan ini buka dari jam 09:00 – 18:00 (waktu Bali) dan buka setiap hari, kecuali pada hari raya Nyepi. Dengan harga tiket masuk akan dikenakan sebesar Rp 75.000 per orang dewasa. Harga tiket masuk sudah termasuk minuman yang menyegarkan dan kue. Untuk anak-anak yang berumur di bawah 15 tahun dan ditemani oleh orang tua, tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

Kolesi Seni Museum Puri Lukisan

Karya seni di museum Puri Lukisan ini diletakkan pada empat bangunan berbeda di komplek museum. Untuk dapat melihat semua hasil karya seni di museum Puri Lukisan ini, setidaknya kita harus meluangkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam. Koleksi lukisan pada museum Puri Lukisan mulai dari gaya lukis Batuan, gaya lukis Sanur, gaya lukis Ubud.

Kendaraan Untuk Menuju Museum Puri Lukisan

Apabila kita berlibur di Pulau Bali danmenginap di daerah Ubud maka kita dapat menggunakan alat transportasi taksi untuk menemukan lokasi museum Puri Lukisan, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh juga taksi dapat kita temukan dimana saja apabila kita tidak membawa kendaraan pribadi.


Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata. Jangan Lupa Buanglah Sampah Pada Tempatnya!!! wisataarea.com (:

Related Posts:

0 Response to "Museum Puri Lukisan Ubud Bali"

Post a Comment